Tempat wisata di Wonosobo sering menjadi tempat pilihan untuk berlibur. Pasalnya selain menyuguhkan panorama yang indah. Daerah Wonosobo merupakan daerah yang sejuk dan asri serta banyak destinasi wisata yang murah. Banyak tempat wisata di Wonosobo yang terbaru dan sedang viral akhir-akhir ini.

Hal tersebut disebabkan letak geografis kabupaten Wonosobo yaitu pegunungan. Bahkan destinasi wisata di Kabupaten Wonosobo sering dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain menyajikan pemandangan yang indah daya tarik wisata Wonosobo yaitu adanya berbagai spot selfie yang menarik. Banyak juga oleh oleh dan makanan khas kota Wonosobo, mulai dari buah carica, mie ongklok dan lain sebagainya.

Berwisata akan sangat penting dan dibutuhkan untuk merehatkan sejenak tubuh dari berbagai masalah. Dengan berlibur pikiran anda menjadi fresh kembali. Kemudian, juga siap untuk menjalankan aktivitas anda seperti biasanya.

Untuk anda yang sedang kebingungan mencari tempat berlibur bersama teman, pacar maupun keluarga. Bisa mencoba salah satu destinasi wisata di Kabupaten Wonosobo di bawah ini.

Tempat Wisata di Wonosobo dengan Panorama yang Indah

Berbagai tempat wisata yang ada di kabupaten Wonosobo ini bahkan dapat ditempuh dengan waktu yang singkat dari pusat kota. Selain itu sudah tersedia berbagai petunjuk jalan yang anda menemani sepanjang perjalanan anda. Sehingga anda tidak perlu khawatir apabila tersesat atau kehilangan arah.

Kawah Sikidang Dieng

tempat wisata wonosobo kawah sikidang

 

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di Wonosobo yang satu ini? Wisata ini bisa dibilang ikon dari kabupaten Wonosobo. Selain menyajikan pemandangan yang berkabut dengan suhu dingin. Anda juga bisa menikmati segelas teh panas untuk menghangatkan tubuh.

Untuk tiket masuk wisata kawah Sikidang Dieng ini hanya perlu membayar 15 ribu rupiah per orang. Biaya itu sudah mendapatkan fasilitas untuk memasuki wilayah kompleks candi arjuna juga.

Anda nantinya akan disajikan pemandangan aktivitas vulkanik dengan bau belerang yang cukup terasa. Oleh sebab itu apabila anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini lebih baik mengenakan masker.

Namun apabila anda sudah berkunjung kesini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari Wonosobo. Oleh-oleh khas Wonosobo yang biasa dibeli untuk buah tangan yaitu carica. Anda dapat membeli Carica Sumbing Segar sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih.

Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan carica menjadi oleh-oleh yang tepat. Kemudian, dapat dikonsumsi berbagai rentan usia.

Selain dapat menikmati pemandangan dan makanannya. Anda juga bisa mencoba pengalaman baru dengan bermain flying fox atau merebus telur di kawah.

Batu Ratapan Angin

batu ratapan angin wonosobo

Dengan letak geografis yang tinggi anda dapat menikmati pemandangan pegunungan beserta telaga yang terpampang jelas. Akan sangat bagus apabila anda menyukai fotografi mengenai pemandangan.

Tempat wisata di Wonosobo yang satu ini mempunyai berbagai spot selfie yang bisa anda pilih. Selain itu untuk memasuk obyek wisata ini anda hanya cukup membayar 10 ribu rupiah.

Keunggulan obyek wisata ini juga memiliki medan yang mudah dijangkau dengan motor maupun mobil. Sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau berdua bersama pacar. Untuk lebih lengkap bisa baca artikel Batu Pandang Ratapan Angin.

Telaga Warna

telaga warna wonosobo

image : instagram.com/dieng.zone

Telaga warna merupakan tempat wisata di Wonosobo yang wajib dikunjungi. Karena menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan dan indah. Warna telaga ini bisa berubah ubah menjadi hijau, kuning, dan berwarna warni.

Banyak spekulasi yang mengatakan perubahan warna air pada telaga ini terjadi karena pembiasan cahaya matahari. Lalu, dipengaruhi oleh berbagai tumbuhan atau pepohonan yang berada di sekitar telaga.

Untuk menikmati pemandangan indah ini anda cukup membayar 15 ribu rupiah saja. Sudah dapat menikmati pemandangan ini sepuasnya.

Selain itu tempat ini juga merupakan salah satu tempat instagramable, serta banyak dikunjungi oleh banyak orang karena menghasilkan foto yang indah.

Bukit Seroja

Menikmasti Sunset dan Sunrise Bukit Cinta Lembah Seroja

https://www.instagram.com/galeriwisatawan/

Lokasi di atas Telaga Warna Wonosobo dengan view telaga dan pegunungan yang sungguh mempesona. Tidak heran banyak investor yang berlomba-lomba untuk membuat wisata buatan di tempat ini.

Jika anda mampir ke Dieng Wonosobo jangan lupa untuk mampir ke lembah bukit seroja. Chanel youtube Carica Sumbing Segar pernah nih mengunjungi tempat ini. Untuk lebih lengkap bisa baca artikel : Bukit Lembah Seroja.

Kebun Teh Tambi

tempat wisata wonosobo teh tambi terbaru

 

Melalui ketinggian 1400 mdpl anda bisa menikmati hamparan kebun teh yang hijau dengan udara yang sejuk. Selain itu akses tempat wisata di Wonosobo ini juga mudah dijangkau. Karena jalan menuju obyek wisata ini sudah halus dan beraspal.

Apalagi obyek wisata Kebun Teh Tambi ini dapat anda nikmati dengan gratis. Maka dapat menjadi alternatif liburan yang sangat recomended bukan?

Jembatan Merah Putih Dieng

jembatan merah putih dieng

Nama jembatan ini terinspirasi dari bendera merah putih milik negara Indonesia. Memiliki filosofi yang bagus yaitu agar rakyatnya dapat mengingat betapa kayanya sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Melalui jembatan ini anda dapat menikmati pemandangan telaga warna dan telaga pengilon. Anda juga tidak perlu khawatir. Karena tempat wisata di Wonosobo ini juga mengutamakan keamanan.

Sehingga saat anda menyebrangi jembatan ini akan dilengkapi dengan peralatan yang aman. Hanya dengan membayar 5 ribu rupiah anda sudah dapat menyebrangi jembatan ini.

Setelah anda turun dari jembatan ini alangkah baiknya membeli oleh-oleh untuk sanak saudara. Salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yaitu carica. Anda dapat membeli Carica Sumbing Segar di sekitar obyek wisata.

Bukit Sikunir

sikunir wonosobo

Asal mula nama tempat wisata di Wonosobo ini diambil dari nama salah satu rempah-rempahan yaitu kunir. Karena kunir memiliki warna kuning seperti pantulan sinar matahari di bukit ini.

Biasanya banyak orang-orang yang mengunjungi objek wisata yang satu ini. Untuk mendapatkan foto-foto yang instagramable dan keren.

Anda bisa menikmati pemandangan dari bukit sikunir dengan membayar 12 ribu rupiah. Selain itu dalam obyek wisata ini juga sudah tersedia fasilitas penunjang lainnya. Seperti toilet dan warung-warung makan.

Pemandian Air Hangat Kalianget – Pemandian Tempat Wisata di Wonosobo

wisata kalianget wonosobo

Setelah melakukan perjalanan jauh pastinya tubuh anda terutama kaki akan merasa lelah. Oleh sebab itu salah satu tempat wisata di Wonosobo ini wajib anda kunjungi. Anda akan merasakan sensasi yang nyaman dan merilekskan otot-otot yang lelah selama perjalanan.

Selain itu lokasi obyek wisata ini juga mudah dijangkau dari pusat kota. Karena anda hanya akan menempuh jarak sekitar 4 km.

Untuk biaya masuk pemandian Kalianget yaitu 2 ribu rupiah saja. Sangat murah dan worth it bukan?

Jadi tunggu apa lagi ayo ajak keluarga serta sanak saudara ke obyek wisata ini.

Gunung Prau – Tempat Wisata di Wonosobo Hits

tempat wisata di Wonosobo gunung prau

Bagi anda yang suka menguji adrenalin dengan mendaki tempat wisata di Wonosobo ini dapat menjadi pilihan. Pasalnya gunung Prau ini terkenal akan pemandangan sunset dan sunrise nya yang sangat keren dan memukau.

Selain itu bagi pendaki pemula gunung ini juga memiliki track yang tidak terlalu sulit. Lalu, di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang bagus. Sehingga semua rasa lelah dan letih dapat hilang seketika.

Telaga Pengilon

telaga pengilon

Kabupaten Wonosobo memang mempunyai beberapa obyek wisata telaga. Salah satunya telaga  pengilon yang sudah terkenal. Wisata di Wonosobo ini menyajikan pemandangan telaga dengan air yang jernih.

Ketika anda sedang perjalanan menuju obyek wisata ini tentunya akan melewati telaga lain. Telaga tersebut bernama telaga warna.

Tempat ini banyak diburu oleh penikmat fotografi karena pemandangan air yang sebening kaca. Bahkan, sangat rindang karena dipenuhi oleh pepohonan di sekitarnya.

Waduk Wadaslintang Tempat Wisata di Wonosobo

waduk wadaslintang

foto: https://www.instagram.com/ayufajaaar_/

Sajian pemandangan indah dari waduk wadaslintang di Wonosobo yang begitu mempesona. Tempat ini merupakan sebuah bendungan dan menjadi spot wisata di Wonosobo.

Lokasi wisata waduk ini adalah di Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Jarak yang bisa ditempuh dari pusat kota adalah sekitar 46 km.

Buka mulai dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB dengan berbagai fasilitas lengkap mulai dari :

  • Tempat parkir yang luas
  • Gazebo untuk melihat pemandangan terbaru
  • Mushola untuk ibadah
  • Warung makan dengan berbagai menu khas Wonosobo
  • Toilet
  • Juga disediakan perahu untuk menelusuri waduk
  • Spot pemancingan dan masih banyak yang lainnya.

Wisata Batu Angkruk

Harga Tiket

https://www.instagram.com/ayodolan/

Salah satu wisata alam dan juga dipermak menjadi wisata buatan baru di Wonosobo. Berada di jalan Dieng, Rejosari, Wonosobo. Tempat ini merupakan tempat view pemandangan pegunungan di atas awan yang tidak kalah dengan tempat lain.

Teras kaca yang terkenal dengan background mewah membuat anda wajib datang ke tempat ini. Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel Wisata Batu Angkruk.

Paralayang Bukit Kekep Wonosobo

Sensasi Adrenalin Paralayang

https://www.instagram.com/paralayangwonosobo/

Kota Wonosobo ternyata memiliki komunitas pecinta paralayang tersendiri lho. Biasanya mereka akan mulai terbang dari salah satu bukit yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu Bukit Kekep.

Di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan lereng gunung yang indah dan juga bisa menikmati sensasi naik paralayang lho. Untuk lebih lengkap bisa nih kunjungi artikel : Wisata Paralayang Bukit Kekep.

Air Terjun Sikarim

Di video youtube kita tim Sumbing Segar The Explore menelusuri tempat wisata yang unik satu ini. Air terjun di atas awan karena lokasinya berada di atas Dieng.

Pemandangan yang sangat luar biasa apalagi perjalanan menuju tempat ini membutuhkan kendaraan yang ekstra. Tak jarang orang menyebut tempat ini sebagai Eropa nya Wonosobo.

Lokasi air terjun Sikarim terletak di Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Berbagai fasilitas disediakan mulai dari akses jalan yang cukup baik, area parkir yang luas, toilet, warung makan dan tentunya spot foto yang begitu indah.

Gunung Kembang

Pos 5  (Tanjakan Mesra) ke Puncak Gunung Kembang

https://www.instagram.com/gunung.kembang/

Salah satu gunung yang berada dekat dengan lereng Gunung Sindoro ini banyak didatangi oleh wisatawan terutama yang hobi ke gunung.

Gunung ini memiliki ketinggian berkisar 2340 MDPL dengan trek yang sungguh menantang. Karena medan yang penuh tantangan inilah yang membuat banyak pendaki datang ke tempat ini.

Pendaki bisa memilih melalui jalur Basecamp Blembem atau Lengkong. Pastikan anda memiliki stamina yang cukup untuk mendaki ke Gunung Kembang. Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel Gunung Kembang.

Bukit Scooter Dieng

Tiket Masuk Bukit Scooter Dieng

https://www.instagram.com/ayodolan/

Selain wisata Sikunir yang menyajikan pemandangan sunset dari atas bukit. Ternyata Dieng juga memiliki Bukit Scooter dengan pemandangan sunrise dan juga sunset.

Terletak di Simpangan, Dieng Kulon, Kecamatan Batur. Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Wonosobo atau sekitar 30 menit saja. Pemandangan yang disajikan tak kalah indah dengan spot sunset lainnya.

Berbagai fasilitas lengkap juga tersedia di tempat ini. Mulai dari tempat pendirian tenda camp, mushola, toilet, spot foto dan lainnya. Lebih lengkapnya bisa kunjungi Wisata Bukit Scooter Dieng.

Padang Savana Dieng

Terdapat Aneka Warung Makan

https://www.instagram.com/diengdiindonesia/

Salah satu tempat favorit jika berkunjung ke Dieng adalah Padang Savana-nya yang sempat viral karena beberapa foto wisatawan. Tempat ini memang menjadi spot foto alam di Dieng yang banyak digemari.

Padang savana yang luas dengan rerumputan yang sudah dipermak menjadi spot foto yang indah. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Komplek Wisata di Dieng. Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel Padang Savana Dieng.

Dieng Plateau Theater

Fasilitas Theater Plateau

https://www.xplorewisata.com/2015/03/dieng-plateau-theater-dpt.html

Mungkin jika anda pernah datang ke kawasan Wisata Dieng, ada yang bertanya bagaimana tempat wisata ini terbentuk. Terletak berjejeran atau berdekatan antar satu wisata dengan yang lainnya.

Ternyata kita bisa melihat sejarah terbentuknya Dataran Tinggi Dieng pada jaman dahulu di Dieng Plateau Theater. Di tempat ini kita bisa menikmati bioskop yang menayangkan sejarah Dieng. Untuk lokasi dan info lebih lengkap ada di artikel Dieng Plateau Theater.

Gunung Bismo

Tiket Masuk

https://www.instagram.com/elsaaoktariani/

Pendakian gunung yang ada di Dieng yaitu Gunung Bismo. Gunung ini memiliki keindahan yang memukau yang berada di Desa Slukatan, Mojotengah, Wonosobo. Lokasi basecamp pendakian sekitar 10 km dari opusat Kota Wonosobo.

Nama Bismo berasal dari salah satu pewayangan yaitu Pangeran Bismo. Nama ini diambil karena bentuk puncak kawahnya membentuk genggaman tangan atau cakar tangan pangeran Bismo. Untuk info lebih lengkapnya bisa baca artikel Gunung Bismo.

Bukit Mbeser Leksono

Pengembangan Wisata Alam

https://www.instagram.com/wonosobohitz/

Salah satu tempat wisata yang masih hijau dengan pemandangan hutan dari atas bukit yang biasa disebut dengan Bukit Mbeser. Tempat wisata ini terletak di Lipursari, Leksono, Wonosobo.

Tak kalah dengan pemandangan bukit lain, ditempat ini disuguhi pemandangan alam sekaligus perkotaan yang mempesona. Belum banyak foto yang viral di tempat ini, namun tempat ini merupakan tempat wisata tersembunyi yang wajib anda kunjungi. Info lengkap bisa baca Bukit Mbeser.

Pasar Kumandang

Larangan Merokok Bagi Pengunjung

https://www.instagram.com/pasarkumandang/

Sebuah wisata yang menjaga tradisi jaman dahulu dengan menjual makanan lokal enak juga ada di Wonosobo yaitu Pasar Kumandang. Terletak di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo.

Keunikan dari pasar kumandang adalah menjajakan aneka makanan pasar tradisional mulai dari klepon, soto hangat, tempe kemul, geblek, dan lainnya. Buka setiap hari minggu saja dan hari biasa tidak buka. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Pasar Kumandang.