Carica atau dalam bahasa latin disebut vasconcellea cundinamarcensis merupakan buah yang tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Buah ini tumbuh di ketinggian sekitar 1500 – 3000 meter di atas permukaan air laut.

Buah Carica masuk ke keluarga tumbuhan pepaya, tak heran jika bentuk pohonnya menyerupai pepaya. Namun berbeda bentuk buahnya yang lebih kecil dari pepaya.

Walaupun masih tergolong keluarga pepaya namun konon jika kita menanamnya di dataran rendah buahnya yang keluar akan membesar seperti pepaya.

Sejarah Buah Carica Dieng

harga buah carica

Menurut masyarakat sekitar hasil tumbuhan ini dulunya merupakan buah yang sering dikonsumsi dewa. Dimana Dieng merupakan tempat para dewa berkumpul dengan adanya bukti candi-candi kuno yang ditemukan.

Jika diambil dari berbagai sumber buah yang persis dengan pepaya ini berasal dari Dataran Tinggi Andes yang berada di Amerika Selatan. Buah ini dibawa ke Indonesia saat penjajahan Belanda.

Buah ini juga bisa ditemukan di Bali dengan bentuk yang sama namun dengan rasa yang berbeda. Masyarakat Bali sering menyebutnya dengan buah gedang memedi.

Bentuk dan Rasa Buah Papaya Dieng

Mungkin bagi anda yang baru mendengar atau belum pernah mengunjungi Dieng, penasaran dengan ciri ciri dan bentuk dari papaya dieng.

1. Bentuk Pohon

Bentuk pohon papaya dieng hampir sama persis dengan pohon pepaya. Jika anda datang ke Wisata Dieng akan menemui beberapa tumbuhan seperti pohon pepaya namun di tanam di pinggir lahan.

Itulah pohon buah dewa yang sering disebut oleh masyarakat sekitar. Bentuk pohonnya lebih tinggi dari pohon pepaya biasa. Kadang bisa bercabang. Untuk lebih lengkap tentang bentuk pohon buah papaya dieng ini bisa baca artikel : Fakta Menarik Dari Pohon Papaya Dieng

2. Bentuk Buah Dewa

Jika anda mendekat ke pohon tersebut terdapat bentuk buah yang lebih kecil dari buah pepaya.

Bentuknya memiliki ukuran sekitar 3-6 cm dengan warna hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning jika sudah sedikit matang.

Bentuk buahnya juga bergelombang menyerupai buah belimbing namun lebih cekung.

3. Rasa Asli Dari Buah Carica

Jika anda memetik buah pepaya dieng ini jangan mencobanya untuk dimakan mentah-mentah pada kulitnya. Jika dibelah isinya hampir sama dengan pepaya.

Terdapat kulit, daging buah, hingga bijinya. Daging buahnya terdapat getah yang bisa membuat lidah gatal apabila mencicipinya secara langsung.

Anda boleh mencicipi secara mentah hanya bagian bijinya saja. Rasanya sedikit asam manis apabila anda memetik buah yang sudah kuning.

Manfaat dan Khasiat Buah Carica Dieng

manfaat buah carica

Masyarakat menyebut buah papaya dieng ini dengan sebutan buah dewa ada kaitannya dengan khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Beberapa manfaat dan khasiat dari buah dewa ini diantaranya adalah :

  • Memiliki kandungan serat tinggi yang sangat bagus untuk proses pencernaan
  • Kandungan enzim papain berfungsi untuk menetralkan pH yang berfungsi mematikan bakteri buruk dalam tubuh
  • Masyarakat juga sering menggunakan buah untuk ini untuk masker, karena kandungan Vitamin E dan C yang baik untuk menangkal radikal bebas dan pancaran UV.
  • Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata
  • Zat agrinin yang terdapat dalam buah carica yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker

Dan manfaat penting lainnya dari buah Papaya Dieng ini. Untuk lebih lengkap tentang penjelasan lain tentang manfaat buah dewa ini bisa baca artikel : Manfaat Buah Carica Dieng

Olahan Buah Carica Menjadi Produk Unggulan Wonosobo

Jika anda mengunjungi kawasan wisata Dieng atau Kota Wonosobo, banyak toko oleh-oleh yang menjual buah dewa ini di kemas dalam cup atau botol gelas.

Mereka biasa menyebutnya dengan carica in syrup atau manisan carica. Produk unggulan satu ini memang banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Wonosobo untuk dijadikan oleh oleh.

Salah satu produk olahannya yaitu merk Sumbing Segar yang terbuat dari papaya Dieng pilihan dengan racikan bahan alami lainya.

Untuk lebih jelas tentang tentang olahan manisan ini bisa baca artikel : Manisan Carica Khas Dieng Wonosobo

Memilih Produsen Carica Yang Berkualitas

Wonosobo terdapat ratusan pabrik papaya dieng yang bisa ditemui. Bagi anda yang ingin mencari pabrik carica baik untuk dijadikan suplier dijual kembali maupun sekedar edukasi harus memperhatikan beberapa faktor.

Beberapa faktor penting dalam memilih produsen carica yang berkualitas adalah mulai dari perijinan. Perijinan yang lengkap seperti BPOM yang mengatur keamanan pangan dalam proses produksi. Bagi produsen yang lolos uji BPOM memiliki kelebihan khusus yaitu sudah memiliki tempat produksi yang baik.

Selain itu memiliki kemasan yang maksimal dengan tampilan menarik. Terutama bagi anda yang ingin menjual kembali produk manisan carica ini. Tampilan akan membuat kesan pertama saat membeli lebih baik daripada memilih produk lain. Apalagi di dalam produk tersebut memiliki value lebih dan benefit lain bagi konsumen.

Untuk lebih lengkap penjelasan tentang produsen carica yang baik dan berkualitas bisa baca artikel : Ciri Pabrik Carica Yang Berkualitas di Wonosobo.

Untuk anda yang ingin melihan Video tentang buah dewa ini dengan lebih lengkap bisa kunjungi youtube : Carica Sumbing Segar atau bisa melihat video di bawah ini