Padang Savana Dieng memang banyak menjadi incaran wisatawan untuk melakukan pemotretan. Lokasi ini memang naik daun dari waktu ke waktu. Sebab memang spot foto di tempat ini sangat indah dan tentunya instagramable sekali.

Padang Savana ini mirip dengan padang savana, sebab memang hamparan ilalang dan rumput hijau membentang luas di lokasi ini. Sudah bisa membayangkan bukan? Suasana segar dan juga asri akan didapatkan dengan mudah di tempat ini, mirip dengan suasana dan segarnya Wisata Batu Angkruk.

Bagi yang ingin mengunjungi bukit satu ini, jangan ragu ya. Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan. Mulai berfoto hingga camping. Nah penasaran bukan apa saja yang bisa dilakukan di lokasi bukit ini? Yuk kepoin ulasan lengkapnya.

Tiket Masuk Padang  Savana Dieng

Bukan rahasia lagi, memang wisata tanah air ini banyak yang memiliki harga terjangkau masuknya. Eits, tapi bukan berarti yang murah itu lantas murahan ya. Sebab Anda akan dibuat terpana dengan pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi wisata ini hanya menarik tiker sebesar Rp 10.000 saja untuk per kepala. Wah, terjangkau sekali ya. Biasanya untuk tempat wisata memang memiliki parkiran, untuk tarifnya pun juga masih terjangkau.

Misalnya saja untuk kendaraan bermotor hanya dikenakan tarif Rp 2.000 rupiah. Untuk mobilnya hanya dikenakan biaya Rp 5.000 rupiah saja. Dengan tiket dan tariff parker yang terjangkau tersebut tentunya membuat wisata semakin gampang.

Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati keindahan padang sabana Indonesia. Padang Sabana ini buka dari jam tujuh pagi hingga jam lima sore ya.

Rute Menuju Padang Savana

Rute menuju Padang Savana Dieng ini juga terbilang gampang. Sebab bukit ini merupakan salah satu wisata yang hits di Dieng, yaitu Desa Dieng Kulon. Tepatnya ada di kecamatan Batur Banjarnegara. Merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang paling banyak dituju wisatawan.

Rute menuju padang savana juga gampang karena tinggal mengikuti jalur Wonosobo-Dieng saja. Jika Anda sudah sampai di Wonosobo kota, maka untuk sampai ke padang savana tinggal 25 km lagi. Jarak tempuh tinggal 45 menit saja dengan menaiki kendaraan.

Jika sudah sampai di Padang Savana Dieng, maka tinggal jalan kaki menaiki tangga-tangga yang sudah disediakan. Untuk waktu tempuh menaiki anak tangga tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Untuk rute luar kota, juga gampang. Karena tinggal buka saja Google Map, maka untuk  menuju lokasi wisata tersebut tinggal mengikuti rutenya saja. Saat ini juga sudah banyak jasa travel yang menyediakan trip Savana.

Jadi Anda tinggal memilih untuk melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel.

Fasilitas Wisata Padang Savana

Ketika mengunjungi tempat wisata ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas dan juga fasilitas yang sudah disediakan pengelola. Tentunya akan membuat wisata Anda semakin mengesankan, karena selain berfoto dapat juga melakukan aktivitas lainnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Lokasi Parkir

Lokasi Parkir Padang Savana Dieng

https://www.instagram.com/dienghangout/

Biasanya ketika mengunjungi suatu tempat, apalagi tempat wisata, pasti orang akan bertanya mengenai tempat parkirnya. Bukan suatu sebab, tempat parker juga kan memudahkan orang ketika akan meninggalkan kendaraan mereka ketika berwisata.

Di Padang Savana Dieng, sudah disediakan lahan parkir yang luas. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk memarkirkan kendaraan Anda. Bagi rombongan yang menggunakan bus besar pun akan gampang memarkirkan bus tersebut.

Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkirnya. Belum lagi tarif parkir yang tergolong murah untuk seukuran tempat wisata. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kurang dari Rp 10.000 rupiah saja untuk karcis parkirnya.

Terdapat Aneka Warung Makan

Terdapat Aneka Warung Makan

https://www.instagram.com/diengdiindonesia/

Di Padang Savana Dieng juga tidak perlu khawatir jika lapar, sebab terdapat beberapa warung makan yang bisa memanjakan perut  Anda. Beberapa jajanan dan kuliner dapat Anda nikmati di warung-warung ini.

Untuk menemani pagi yang yang tentunya lebih dingin, memang menikmati yang hangat menjadi salah satu pilihan. Tentunya dapat juga menikmati sarapan khas atau sarapan yang lainnya yang banyak disediakan oleh warung-warung makan sekitar.

Biasanya menu yang banyak diminati untuk menemani pagi yang dingin adalah tempe kemul khas Wonosobo. Tempe kemul dan mendoan di tempat ini memiliki sedikit perbedaan. Terdapat campuran daun kucai yang menjadikan mendoan lebih menguar aromanya.

Menu ini emang paling laku untuk menu sarapan di pagi hari. Biasanya kebanyakan akan memilih the panas atau kopi panas khas dataran Dieng. Sebab memang untuk Dieng memiliki perkebunan the dan perkebunan kopi yang cukup luas.

Terdapat Warung Logistik

Terdapat Warung Logistik

https://www.instagram.com/wisatadieng.id/

Bukan hanya warung kuliner atau tempat untuk makan saja, namun terdapat juga warung-warung logistic di tempat ini. Untuk warung logistic Padang Savana Dieng ini menjual aneka kebutuhan hygiene atau keperluan logistic bagi yang ingin camping.

Jadi tidak perlu repot membawa perlengkapan dari rumah, karena Anda bisa mendapatkannya di warung-warung ini. Untuk harganya juga masih dalam tariff normal, jadi Anda tidak perlu khawatir jika harganya melambung terlalu tinggi.

Bukan hanay perlengkapan logistic atau perlengkapan lainnya saja. Terdapat juga penjaja oleh-oleh yang menjual beberapa oleh-oleh khas Dieng.

Basecamp Pendakian

Basecamp Pendakian

https://www.instagram.com/bangcemed_/

Padang Savana Dieng ini juga memiliki basecamp pendakian loh. Sebab lokasi ini sering digunakan untuk camping dan juga pendakian. Oleh karenanya sudah terdapat beberapa titik-titik basecamp pendakian untuk para pendaki. Anda tinggal memilih ingin melakukan pendakian melalui rute yang mana.

Fasilitas Toilet

Fasilitas Toilet Padang Savana Dieng

https://www.instagram.com/gunung_pangonan/

Yang paling mendasar ketika orang melakukan bepergian adalah masalah toilet. Benar sekali, sebab untuk masalah yang satu ini tidak bisa dilakukan penawaran. Oleh karenanya Padang Savana Dieng juga memiliki fasilitas toilet.

Dengan demikian maka jika ingin ke toilet tidak perlu bingung lagi, karena sudah terdapat fasilitas toilet di lokasi ini. Tentunya dengan adanya toilet ini semakin memudahkan pengunjung ketika ingin melakukan personal hygiene.

Mushola

Mushola Padang Savana Dieng

https://www.instagram.com/wonosobo_wisata/

Bukan hanya toilet saja, namun lokasi ini juga memiliki mushola. Jadi bagi Anda umat muslim yang ingin melakukan ibadah tidak perlu lagi merasa kesulitan. Sebab memang bagi yang beragama Islam memiliki kewajiban untuk menjalan sholat yang tidak dapat ditunda.

Sebab itulah, biasanya mushola ini menjadi bagian yang paling dicari oleh pengunjung. Karena memang mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam. Namun sebaiknya membawa perlengkapan ibadah sendiri, agar tidak antri dan tentunya menjaga kebersihan ketika akan beribadah.

Padang Savana Dieng juga menyediakan beberapa perlengkapan ibadah di mushola. Tapi tentunya terbatas, belum lagi memang selama pandemic belum selesai ini, pengunjung juga mendapat himbauan untuk menggunakan alat sholat pribadi.

Pihak pengelola juga sudah menyiapkan sabun untuk cuci tangan di setiap tempat yang berguna untuk mencuci tangan. Hal tersebut tentunya untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap lingkungan.

Bagaimana seru bukan wisata Padang Savana Dieng? Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama family atau teman atau pasangan. Dengan view alam yang indah ini tentunya tidak akan mengecewakan jika mengunjungi wisata bukit savanna ini.