Indonesia memiliki keindahan alam sebagai potensi luar biasa. Mulai dari pesisir hingga pegunungan sungguh menakjubkan. Bukit Scooter Dieng sebagai salah satu bukti keindahan alam ini. 

Panorama alam asri dieng akan tersaji ketika berada di bukit ini. Tidak heran wisata ini sejak dibuka pada awal tahun 2016 sudah ramai pengunjung. 

Bukit Scooter Dieng, Spot Unggulan Melihat Sunrise dan Sunset

Menikmati pagi di kawasan dieng akan lebih menarik dengan naik ke bukit Scooter. Di atas akan dapat melihat sunrise dan sunset serta lanskap dataran tinggi dieng. Pengunjung pasti terhipnotis dengan hamparan pemandangan nan indah. 

Bukan hanya bisa melihat keindahan dataran tinggi dieng saja dari bukit Scooter Dieng yang berada di ketinggian kurang lebih 2.200 mdpl. Namun, dapat juga menyaksikan pemandangan gunung-gunung tinggi. 

Gunung-gunung di sekitar bukit Scooter yang bisa dilihat, antara lain Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Pangonan, Gunung Sipandu, Gunung Pakuwaja, Gunung Bisma, dan Gunung Slamet. 

Terdapat juga bukit-bukit lain yang memagari pemukiman penduduk serta telaga-telaga dan candi-candi Hindu. Di bukit Scooter berselimut kabut sehingga terasa seperti di awan. Hal itu menjadi sebab bukit ini dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’. 

Bukit Scooter Dieng sebagai salah tempat wisata di Dieng yang memiliki spot bagus untuk melihat sunrise dan sunset. Pemandangan di bukit ini dari pagi hingga malam memang menawan, Laut Jawa bisa terlihat saat cerah tidak berkabut. 

Tiket Masuk Bukit Scooter 

Tiket Masuk Bukit Scooter Dieng

https://www.instagram.com/ayodolan/

Jika ingin mengunjungi wisata ini perlu, ketahui terlebih dahulu harga tiket masuknya. Pengunjung hanya membayar retribusi tiket Rp 5.000,00 per orang. Harga tiket bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan. 

Walaupun, tiket murah tetapi pelayanan dan fasilitas yang diberikan pengelola sangat baik. Pengunjung wisata Bukit Scooter bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak membuat kerusakan. 

Pengunjung bisa memasuki kawasan Bukit Scooter Dieng sesuai jam operasional. Buka setiap hari, pukul 07.00-17.00. Pengunjung bisa melihat keindahan kota Wonosobo dan sekitarnya di malam hari. 

Jika cuaca cerah, bisa juga melihat bintang-bintang bertaburan di langit yang mempesona. Pengelola juga memperbolehkan pengunjung untuk mendirikan tenda yang bisa disewa dari tempat penyewaan di sekitar Bukit Scooter. 

Pemandangan indah di malam hari tidak boleh terlewatkan karena sangat cantik. Tidak lupa untuk membuat rencana berlibur jauh-jauh hari, termasuk budget yang juga harus dipersiapkan. 

Lokasi dan Rute 

Lokasi dan Rute

https://www.instagram.com/ajisasongko81/

Bukit Scooter Dieng terletak di Simpangan, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tidak usah khawatir karena akses jalan sudah diaspal sehingga memudahkan pengunjung menuju lokasi Bukit Scooter. 

Rute perjalanan menuju objek wisata bukit Scooter melewati jalan Wonosobo-Dieng dan menjadi jalur paling rekomended untuk dilewati. Bukit Scooter berjarak sekitar 23 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit jika dari pusat kota Wonosobo. 

Jika pengunjung di titik keberangkatan di Alun-Alun Banjarnegara. Maka, perjalanan menuju ke Bukit Scooter dengan waktu tempuh 1 jam 52 menit, berjarak 58,3 km menggunakan mobil. 

Rute perjalanan ke Bukit Scooter Dieng dari Alun-Alun Banjarnegara adalah lurus menuju arah selatan Jalan Jenderal Ahmad Yani, lalu belok ke kiri ke Jalan Campur Salam. Terus lurus mengikuti jalan di daerah Wonosobo. 

Selanjutnya, lurus mengikuti jalan Dieng dan Jalan Raya Dieng menuju Dwarawati yang berada di Dieng Kulon. Akhirnya, sampai di Bukit Scooter. Mengunjungi bukit ini lebih baik berangkat pagi sebab memakan waktu lama jika dari Banjarnegara. 

Fasilitas

Fasilitas Bukit Scooter 

https://www.instagram.com/zona.mountain/

Pengunjung yang bertandang ke objek wisata Bukit Scooter Dieng tidak perlu risau mengenai fasilitas. Pengelola telah menyediakan fasilitas berikut ini:

  • Akses jalan sudah baik 
  • Mushola
  • Dekat penginapan atau Homestay 
  • Tersedia gazebo-gazebo di atas bukit
  • Toilet 
  • Warung kopi
  • Tempat makan
  • Spot foto
  • View Sunrise dan Sunset
  • Area parkir luas
  • Gardu pandang 
  • Fasilitas publik lainnya

Bagi yang suka selfie atau berswa foto tentu tidak akan melewatkan waktu Sunrise dan Sunset di Bukit Scooter. Hal itu termasuk spot foto yang instagramable dengan background instagenic. 

Ada juga tambahan spot-spot buatan yang tidak kalah menarik untuk tempat berfoto. Walaupun, spot buatan tetapi mampu menambah jepretan menjadi lebih cantik karena berpadu dengan keindahan alam di Bukit Scooter Dieng.  

Terdapat gardu pandang jika ingin melihat Sunrise maupun Sunset yang kadang terhalang oleh bukit. Namun, apabila posisi kurang tinggi, pengunjung bisa berjalan kaki menanjak menuju Bukit Scooter dengan waktu 15 menit. 

Meskipun, jalan menuju Bukit Scooter menanjak tidak akan terasa melelahkan karena bisa sambil melihat pemandangan di sekelilingnya. Banyak tanaman pertanian warga, seperti wortel maupun kentang. 

Pastikan untuk mengenakan jaket dan sarung tangan saat di Bukit Scooter Dieng karena suhu dingin. Jika membawa makanan tentu tidak lupa untuk membawa kantong plastik, sebagai upaya ikut menjaga, merawat, dan melestarikan alam. 

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Berkunjung

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Berkunjung Ke Bukit Scooter Dieng

https://www.instagram.com/banjarnegarazone/

Tidak mau gagal menikmati keindahan dan suasana di Bukit Scooter. Maka, perlu mempersiapkan perlengkapan yang wajib dibawa. Seperti jaket, sarung tangan, syal, kaos kaki, penutup kepala, dan sepatu. 

Perlengkapan itu harus ada karena suhu udara dingin. Tentu tidak ingin acara berkunjung atau liburan menjadi kacau sebab kurang perlengkapan wajib. 

Pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang ketika memutuskan berwisata ke Bukit Scooter Dieng. Pengunjung harus dapat mencermati dan mempelajari kondisi cuaca, suhu, dan medan jalan pada objek wisata di Dieng. 

Perlengkapan lain yang tidak kalah penting adalah jas hujan dan payung. Kedua barang tersebut sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu cuaca berubah. Begitu juga untuk suhu berkisar 6 sampai 10 derajat Celcius pada malam hari. 

Di siang hari, suhu berkisar antara 12 hingga 20 derajat Celcius. Oleh karena itu, baju hangat, syal, sarung tangan, penutup kepala, kaos kaki, dan sepatu tidak boleh terlupakan. 

Medan Yang Cukup Menantang

Pengunjung yang akan datang ke Bukit Scooter Dieng harus mengecek medan jalan terlebih dahulu supaya tidak keliru dalam memilih kendaraan. 

Medan jalan ke kawasan wisata di Deng cukup ekstrim dengan jalan menanjak maupun menurun curam. Jadi, apabila rombongan menggunakan bus besar pastikan untuk mengetahui kelayakan jalannya. 

Apabila ingin berlibur ke Bukit Scooter Dieng dan sekitarnya, usahakan untuk tidak saat musim liburan atau akhir pekan. Biasanya di waktu itu akan sulit menemukan transportasi. 

Penginapan di sekitar Bukit Scooter Dieng juga sudah penuh saat liburan dan akhir pekan. Jadi, lebih baik mencari hari lain yang bukan musim liburan dan akhir pekan agar lebih leluasa dan puas menikmati keindahan alam Dieng.

Perlu diingat, kalau ingin menginap mesti melakukan pemesanan sebelum hari yang sudah ditentukan. Jadi, setelah perjalanan panjang yang melelahkan bisa langsung istirahat di penginapan. 

Siap mencoba destinasi Bukit Scooter Dieng? Agendakan untuk mengunjunginya bersama orang tercinta. Nikmati panorama keindahan alam yang menakjubkan dari atas bukit. Serta, sensasi melihat Sunrise dan Sunset yang disuguhkan Tuhan.