Mengenal kota Wonosobo yang penuh dengan wisata alam. Wonosobo merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Menjadi daerah yang ada di sekitar gunung api muda, membuat tanah Wonosobo subur. Sehingga, sangat mendukung untuk pengembangan potensi pertanian sebagai mata pencaharian yang utama masyarakat di Wonosobo.

Mengenal Kota Wonosobo dari Berbagai Aspek

Ketika mendengar kata Wonosobo, apa yang terlintas di pikiran anda? Pasti dataran tinggi Dieng. Terkenal dengan keindahan alam serta udara yang dingin menyegarkan.

Wonosobo adalah salah kabupaten di Indonesia yang ada di jantung Provinsi Jawa Tengah. Memiliki pemandangan pegunungan yang sangat indah, karena diapit oleh dua gunung muda dan aktif. Gunung Sumbing dan Sindoro yang memiliki tinggi lebih dari 3000 mdpl.

Dengan dukungan letak wilayah yang strategis berada di daerah pegunungan tersebut membuat Wonosobo menjadi salah satu kabupaten dengan potensi wisata, ekonomi dan pertanian yang memiliki peranan besar dengan tanah suburnya dan tetap terjaga kelestariannya.

Dengan potensi wisata yang lengkap, seperti wisata alam, budaya, religi, kuliner, wisata buatan bahkan wisata minat khusus. Membuat kota ini dijuluki sebagai kota wisata yang pada tahun 2021 ini berusia 196 tahun.

Menjadi urutan nomor 3 terbanyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Wonosobo juga menjadi tujuan wisatawan setelah berkunjung ke Candi Borobudur. Karena letak yang mudah dijangkau dan tentunya dengan sarana prasarana yang mendukung.

Terdapat Banyak Industri

Masalah potensi ekonomi dan investasi, kota ini memberikan peluang yang sangat besar. JIka melihat dari sektor pariwisata, akan banyak sekali yang dapat dikembangkan. Seperti jasa hotel atau penginapan dan restoran serta industri UMKM.

Tidak hanya itu saja, jika anda mengenal Kota Wonosobo lebih dalam, kota ini juga terkenal dengan hasil perkebunan dan pertaniannya. Dari perkebunan teh yang dikembangkan menjadi Agrowisata Tambi hingga kopi Arabika khas dari Wonosobo beserta berbagai hasil sayuran dan buah buahan juga rempah dan produk hortikultura lainnya. Produksi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia maupun luar negeri.

Menjadi salah satu diantara yang istimewa dan berbeda dengan lainnya, pengembangan carica buah para dewa atau sejenis pepaya khas pegunungan. Buah carica sendiri hanya tumbuh di 3 tempat, yaitu pegunungan Dieng Indonesia, Rusia dan Argentina.

Selain pengembangan carica, terdapat juga pengembangan tanaman purwaceng yang dapat digunakan sebagai bahan minuman untuk kesehatan dan jamu khas Jawa.

Pesona Alam Kota Wonosobo

Mengenal kota Wonosobo lebih dalam, anda akan mengetahui pesona alam yang ada di kota ini. Di dataran tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang paling menarik yang dapat dikunjungi.

Dengan keindahan telaga yang unik serta spot untuk melihat sunrise yang sangat indah. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di kota Wonosobo yang dapat anda kunjungi.

Telaga Warna

telaga warna wonosobo

image : instagram.com/dieng.zone

Objek wisata telaga warna ini terdapat di desa Dieng Wetan, kecamatan Cijajar, kabupaten Wonosobo. Ketika memasuki area telaga warna, anda akan disuguhi dengan bentang alam yang memukau.

Air di telaga warna juga dapat berubah warna, terkadang berwarna biru, kuning, hijau, putih dan warna lainnya. Ditambah dengan adanya pegunungan di sekitar telaga menambah sejuk udara dingin di Dieng. Bukan hanya pegunungan, di telaga warna juga dikelilingi oleh Goa Pengantin, Natu Tulis, Goa Jaran dan Goa Sumur.

Batu Ratapan Angin

batu ratapan angin wonosobo

Dari batu ratapan angin, anda akan dapat melihat dengan jelas telaga Dieng dari atas. Batu ratapan angin merupakan peninggalan dari aktivitas vulkanik yang membentuk tebing batu yang unik.

Namun untuk dapat mencapai batu ratapan angin, anda harus berjalan melewati ratusan anak tangga untuk dapat sampai ke lokasi tersebut. Akan tetapi ketika anda sudah sampai di puncak, anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Melihat Dieng Plateau dari atas bukit batu ratapan angin.

Dengan ketinggian 2.100 mdpl, anda akan dapat melihat keindahan dari telaga Pengilon dan telaga Warna sekaligus. Selain itu juga terdapat banyak spot foto di batu ratapan angin ini. Untuk anda yang senang memacu adrenalin, anda dapat mencoba flying fox.

Gunung Prau

prau

image : instagram.com/dolanprau

Gunung merupakan salah satu tujuan wisatawan untuk berwisata. Dari puncak gunung akan dapat melihat sunset ataupun sunrise. Seperti halnya di gunung Prau ini, wisatawan dapat menikmati sunrise yang banyak diburu orang dengan ketinggian 2.565 mdpl.

Ketika sudah sampai di camp ground, anda akan dapat menikmati berbagai gunung di sekitar Prau, seperti Sumbing, Sindoro, Kembang, Merapi dan Merbabu.

Bagi anda yang ingin melihat rekomendasi wisata di Wonosobo dan sekitarnya bisa subscribe channel Carica Sumbing Segar. Update video wisata dan kuliner yang berada di Wonosobo dan sekitarnya.

Kuliner Khas Kota Wonosobo

Mengenal kota Wonosobo lebih jauh lagi dengan mencicipi kuliner khas kota ini. Ketika anda berlibur ke dataran tinggi Dieng, anda harus mencicipi beberapa makanan khas kota Wonosobo. Beberapa menu kuliner berikut ini bisa anda jadikan referensi makan ketika ke Wonosobo.

Mie Ongklok Khas Kota Wonosobo

mie ongklok wonosobo

Mie ongklok merupakan salah satu kuliner yang menjadi ikon Kota Wonosobo. Banyak dicari oleh para wisatawan yang penasaran dengan kelezatan kuliner satu ini. Kuliner satu ini tidak seperti sajian mie rebus pada umumnya. Bisa baca artikel mie ongklok khas Wonosobo.

Makanan khas Wonosobo ini berisikan mi, kubis, daun kucai dan disajikan bersama kuah kacang berkanji kental yang terbuat dari beberapa campuran seperti ebi, gula jawa dan bumbu-bumbu rempah.

Mie ongklok sendiri diadaptasi dari nama alat untuk merebus mie yang berbentuk keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Kelezatan mie ongklok dapat anda nikmati di rumah makan khusus mie ongklok atau pedagang kaki lima di Wonosobo.

Tempe Kemul

tempe kemul wonosobo

Camilan khas Wonosobo ini berupa tempe kemul. Memiliki tampilan layaknya mendoan, namun memiliki lapisan tepung yang lebih tebal dan ada taburan kucai di atas tempe ini.

Tempe kemul sering menjadi lauk mie ongklok atau dimakan dengan cabai. Camilan ini banyak di jual di warung-warung atau di tempat wisata.

Kacang Dieng

Jika anda sudah lama mengenal kota Wonosobo, maka tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan oleh-oleh ini. Kacang Dieng atau sering disebut dengan kacang babi.

Sebuah camilan sejenis kacang-kacangan yang hanya dapat anda temui di Dieng. Memiliki bentuk yang unik dengan ukuran yang lebar dan lebih besar dari ukuran kacang pada umumnya serta memiliki warna hitam.

Camilan ini dibuat dengan cara digoreng, kemudian ditaburi bumbu diatasnya. Dengan rasa gurih yang dimiliki, cocok untuk dijadikan camilan atau sebagai buah tangan untuk keluarga.

Carica Khas Kota Wonosobo

Agen Carica Dieng

Siapa yang tidak mengenal Carica. Asli dari Wonosobo yang saat ini sudah banyak dijual di kota kota besar. Terbuat dari buah carica yaitu buah sejenis pepaya dengan ukuran yang lebih kecil.

Hampir semua kawasan di pegunungan Dieng membudidayakan pohon carica. Carica sendiri dibudidayakan dan diolah menjadi produk keripik dan juga manisan yang dikemas dalam wadah berupa cup atau botol kaca.

Jika anda berkunjung ke Dieng, anda wajib membeli oleh-oleh carica. Salah satunya adalah Carica Sumbing Segar yang merupakan salah satu merk carica yang ada di Dieng. Dengan membeli produk-produk khas Wonosobo, makan anda akan lebih mengenal kota Wonosobo secara lebih luas.

Untuk lebih lengkap bisa baca : Makanan Khas Wonosobo Yang Wajib Untuk Dicoba