Akhir-akhir ini Paralayang Bukit Kekep memang banyak menjadi bahan perbincangan. Banyak berita maupun postingan yang membahas mengenai wisata tersebut. Tentunya wahana yang mampu memacu adrenalin ini pantas untuk Anda coba.

Destinasi paralayang tersebut berada di Wonosobo, tentunya wisata yang pantas menjadi wish selain tempat wisata Wonosobo lainnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung atau mencari tahu lebih lanjut, ulasan berikut dapat menjadi referensi.

Jadi sebelum berkunjung, Anda sudah memiliki gambaran apa saja yang bisa dilakukan ketika sampai di sana. Bukan itu saja, namun sekaligus dapat menyiapkan budget yang harus dikantongi ketika akan berwisata.

Jika datang sudah kemalan, Anda bisa memanfaatkan penginapan setempat untuk menginap. Sebab untuk wahana paralayang ini hanya dibuka dari pagi hingga sore hari. Namun waktu terbaik untuk main paralayang adalah pagi yang cerah.

Sebab selain tidak terlalu terik, ketika pagi juga angin yang bertiup biasanya stabil, sehingga cocok untuk terbang. Berikut penjelasan mengenai wisata Paralayang Bukit Kekep.

Lokasi Dan Rute Menuju Paralayang Bukit Kekep

 

Paralayang Bukit Kekep ini merupakan wisata yang bisa Anda temukan di Wonosobo tepatnya di Desa Lengkong, Garung. Untuk menikmati wisata paralayang tersebut, Anda harus menuju Bukit Kekep terlebih dahulu.

Dari kota Wonosobo bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor ataupun mobil sekitar 25 menit saja. Namun sekarang lokasinya dapat dengan mudah diakses melalui bantuan gmap.

Sensasi Wisata Serta Fasilitas Yang Ditawarkan

Wisata yang ditawarkan di tempat ini adalah sensai terbang yang memicu adrenalin di atas Wonosobo. Berbeda dengan Wisata di Bukit Cinta Lembah Seroja yang menawarkan sensasi pinknik asik dan unik. Berikut ini adalah fasilitas dan juga aktifitas apa saja yang bisa dilakukan di tempat ini.

Sensasi Adrenalin Paralayang Bukit Kekep

Sensasi Adrenalin Paralayang Bukit Kekep

https://www.instagram.com/paralayangwonosobo/

Paralayang memang merupakan wisata utama yang menjadi ikon tempat ini. Paralayang sendiri termasuk salah satu jenis olahraga. Yang mana penumpang dari paralayang ini akan diajak terbang dengan menggunakan balon udara sekitar 20 menit. 

Dengan terbang menggunakan paralayang ini Anda akan melihat panorama alam yang eksotis dari ketinggian. Bagi orang yang senang dengan tantangan, tentunya olahraga paralayang tidak boleh dilewatkan.

Tiket untuk mengikuti paralayang ini pun terbilang terjangkau. Dengan menyiapkan budget sekitar Rp 300.000 hingga Rp 450.000 saja, Anda sudah bisa menikmati sensasi paralayang. 

Safety Full Ketika Terbang

Safety Full Ketika Terbang Paralayang Bukit Kekep

https://www.instagram.com/paralayangwonosobo/

Bukan hanya budget yang terjangkau, kegiatan olahraga paralayang ini juga didukung dengan safety yang standar. Ketika terbang, Anda harus mengikuti standar keamanan dengan memakai gear saat terbang.

Selain gear, Anda akan dibekali dengan alat pelindung diri yang terdiri dari helm, safety belt dan juga pelindung diri lainnya. Jika mengikuti olahraga yang satu ini, Anda juga akan mendapatkan asuransi jiwa. Jadi tidak diragukan lagi keamanannya. 

Spot Foto Ketika Terbang

Spot Foto Ketika Terbang

https://www.instagram.com/paralayangwonosobo/

Bukan hanya menikmati Paralayang Bukit Kekep yang memacu adrenalin saja, namun bisa juga mengabadikan momen terbang tersebut. Agar bisa mengabadikan momen terbang Anda, jangan lupa membawa action cam.

Anda bisa memilih lokasi yang pas untuk mengambil foto terbaik tersebut. Agar bisa mendapatkan view terbaik dan aman untuk penerbangan Anda, sebaiknya melakukan take off ketika cuaca cerah. Waktu yang pas untuk melakukan paralayang adalah ketika pagi hari.

Desa Lengkong ini memiliki bukit dengan angin naik yang menabrak dynamic lift (lereng). Angin  naik tersebut akibat dari thermal lift (thermal). Karena faktor tersebutlah maka terpilihnya Desa Lekong menjadi lokasi untuk paralayang.

Ketika mencoba olahraga Paralayang Bukit Kekep, Anda juga akan disuguhkan panorama hijau Dataran Tinggi Dieng. Dengan demikian maka akan banyak sekali spot foto terbaik yang  bisa diabadikan ketika terbang.

Dari ketinggian 1200 mdpl, Anda akan puas melihat pemandangan di bawah. Apalagi jika angin bertiup dari depan, maka atraksi paralayang akan semakin mudah. Itulah mengapa lokasi Paralayang Bukit Kekep pernah menjadi tempat kegiatan kejuaran nasional dan internasional.

Jenis Paralayang Yang Ditawarkan di Paralayang Bukit Kekep

Jenis Paralayang Yang Ditawarkan

https://www.instagram.com/paralayangwonosobo/

Paralayang Bukit Kekep kini juga hadir dengan jenis paralayang yang beragam. Bukan hanya paralayang level 2 saja, namun juga terdapat paralayang level 3 dan paralayang level 4.  

Jadi ketika wisatawan tidak bisa take off pada level 4, maka masih bisa melakukan paralayang di level 2. Penyebabnya biasanya kabut yang menutupi. Olahraga Paralayang Bukit Kekep tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah profesional saja. 

Untuk pemula pun tetap bisa melakukan olahraga ini. Bagi Anda yang masih awam dan pemula dapat didampingi instruktur. Jadi keamanan dan keselamatan memang sangat diperhatikan oleh pihak pengelola.

Pihak-Pihak Yang Ikut Berperan Andil Dalam Wisata Paralayang 

Wisata Paralayang Bukit Kekep tidak bisa jaya seperti sekarang ini tanpa dukungan berbagai pihak. Banyak pihak yang mendukung wisata paralayang yang kini semakin profesional. Pihak-pihak tersebut antara lain yang tergabung dalam CBT (Community Based Tourism).

Pihak tersebut diantaranya adalah komunitas penggiat wisata, POKDARWIS dan juga masyarakat setempat. Bukan hanya itu saja ada beberapa sponsor yang bersedia memberikan beasiswa Wonosobo Paragliding School.

Dengan demikian tentunya akan semakin banyak mendukung wisata paralayang ini. Untuk yang ingin belajar terbang paralayang dapat memilih paket tandem. Dengan demikian Anda akan diajari oleh orang yang profesional di bidangnya.

Trik Cara Bermain Paralayang Yang Benar

Untuk bermain Paralayang Bukit Kekep, ada beberapa trik atau cara yang harus Anda ikuti agar terbang dengan aman. Berikut adalah langkah yang harus Anda ikuti.

1. Duduk dengan nyaman pada harnes

2. Pastikan harness tersebut sudah terhubung dengan sayap paraglider. Biasanya tali-tali yang terhubung ini sudah di cek sesuai dengan standar keamanan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir. 

3. Pastikan alat kemudi paralayang tergantung dengan benar di sisi kanan dan juga sisi kiri. Kemudi ini untuk mengoperasikan paralayang ketika terbang. Jadi Anda bisa mengendalikan paraglider sesuai ketinggian untuk terbang.

4. Jika Anda masih pemula pemula, sebaiknya didampingi oleh pilot. Dengan demikian penerbangan menjadi lebih aman.

5. Cobalah untuk berani dan percaya diri, biasanya jika Anda sudah terkondisi, pilot akan memberi kesempatan pada Anda untuk mengemudikan paradliger.

6. Pastikan juga Anda bukan orang yang fobia ketinggian atau memiliki masalah kesehatan. Sebab  bisa menyebabkan hal dan terlalu beresiko.

7. Biasanya untuk penerbang baik itu pilot ataupun wisatawan harus memakai perlengkapan perlindungan diri. Mulai dari sabuk pengaman, helmet, dan juga parasut cadangan. Ada juga peralatan lain yang harus dikenakan, seperti  kaos tangan, HT, baju terbang, pengukur kecepatan, GPS dan juga peralatan lainnya.

8. Bacalah doa dan ikuti brief yang diterangkan oleh instruktur agar dapat mendarat dengan selamat.

Memang olahraga paralayang terlihat sedikit menegangkan. Namun pada kenyataannya meski berbahaya akan dapat meningkat semangat diri kembali. Asalkan mengikuti dan menjalankan semua instruksi yang diberikan, maka Anda akan terbang dengan aman.

Bagaimana tertarik untuk mencoba Paralayang Bukit Kekep? Buruan datang ke Wonosobo untuk dapat menikmati sensasi memacu adrenalin bermain paralayang. Jika tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan jasa agen atau biro travel untuk bisa menikmati wahana tersebut.