Indonesia memang terkenal dengan segudang wisata eksotik, bahkan dunia pun mengakui kebenarannya. Banyak pula yang beranggapan perlu budget lebih untuk liburan, tapi hal tersebut tidak akan Anda alami jika mengunjungi Bukit Cinta Lembah Seroja.

Nuansa piknik asik dengan budget terjangkau akan Anda temukan di sini. Bukan hanya sekedar menikmati keindahan alamnya saja, masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini. Jadi Anda tidak perlu jauh ke luar negeri dengan budget yang mahal. Bisa dengan mengunjungi tempat yang satu ini.

Bukan hanya bisa menikmati rangkaian wisata yang singkat, Anda juga bisa bermalam. Namun bermalam di sini dilakukan dengan cara yang unik pula. Pastinya akan berbeda dengan menginap seperti penginapan lainnya. 

Lantas keseruan apa saja dengan mengunjungi Bukit Cinta Lembah Seroja? Berikut ulasannya.

Akses Menuju Bukit Cinta Lembah Seroja

Yuk tonton video di atas terlebih dahulu nih yang belum menonton. Untuk menuju lokasi Bukit Cinta Lembah Seroja, sebenarnya tidak begitu sulit. Sebab sudah banyak petunjuk arah yang terdapat di jalan, dengan demikian akan memudahkan setiap orang untuk mencarinya. Yang perlu Anda lakukan adalah sampai terlebih dahulu di Wonosobo.

Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan jasa travel. Namun bagi yang yang ingin mengunjungi tempat ini dengan menggunakan motor pun juga bisa. Justru akan semakin asik. Karena Anda akan disuguhkan keindahan alam sepanjang perjalan.

Jika tiba di Wonosobo, Anda tinggal menuju Kecamatan Garung, tepatnya di Desa Maron. Ketika menyusuri jalan menuju lokasi bukit, decak kagum pastinya tidak pernah berhenti. Udara sejuk, menjadikan tidak perlu lagi menghidupkan AC di tempat ini.

Bukan hanya kesejukan udaranya yang masih terjaga, indahnya pemandangan kaki bukit dari Gunung Sindoro juga sangat mempesona. Hamparan perkebunan teh juga menambah eksotisme tersendiri sepanjang perjalanan.

Keindahan tersebut semakin lengkap dengan keindahan Telaga Menjer yang berkolaborasi dengan apik dengan pepohonan yang dengan alaminya membentuk keindahan sempurna. 

Meski tempat ini berada di atas bukit, namun aksesnya gampang. Sebab mobil pun bisa sampai di atas. Letaknya kurang lebih sekilo dari Telaga Menjer yang berada di kaki bukit.

Untuk masuk area wisata Bukit Cinta Lembah Seroja, diterapkan tiket masuk. Namun jangan khawatir tiketnya sangat terjangkau hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 rupiah saja. Tentunya sangat murah bukan dengan pemandangan yang dijanjikan.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Jadi tidak perlu khawatir akan bosan di sini, justru pengunjung akan dibuat tidak ingin cepat-cepat pulang karena keindahannya yang menghipnotis. Berikut adalah aktivitas yang dapat dilakukan Bukit Cinta Lembah Seroja.

1. Menikmati Sunset Dan Sunrise di Bukit Cinta Lembah Seroja

Menikmasti Sunset dan Sunrise Bukit Cinta Lembah Seroja

https://www.instagram.com/galeriwisatawan/

Untuk dapat menikmati keindahan sunrise, Anda bisa mengunjungi Bukit Cinta Lembah Seroja ini di pagi hari. Jika terlalu buru-buru, maka bisa dengan menginap terlebih, supaya pagi hari dapat prepare untuk mencari tempat untuk menikmati  sunrise.

Selain waktu pagi hari, Anda juga bisa berkunjung saat sore hari untuk menikmati sunset dari atas bukit. Pesona alam yang alami akan sempurna akan Anda rasakan. Banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan potret atau melakukan moment special. Misalnya melamar atau surprise untuk pasangan.

2. Berswafoto Di Bukit Cinta Lembah Seroja

Berswafoto Di Bukit Cinta Lembah Seroja

https://www.instagram.com/pergipedia/

Kegiatan yang tak kalah menarik yaitu berswafoto di Bukit Cinta Lembah Seroja. Banyak sekali tempat yang instagramable di area ini. Jembatan warna-warni dengan latar Telaga Menjer bisa menjadi salah satu spot foto tak terlewatkan yang wajib diabadikan.

Tempat swafoto lainnya adalah rumah pohon. Rumah pohon ini adalah rumah yang menyerupai pohon. Dengan desain unik, tentunya akan menghasilkan foto yang bagus untuk diupload di social media Anda. Terdapat juga spot dengan lambang cinta yang bisa untuk berfoto.

 Tempat foto lainnya yaitu juga balon udara yang menjadi salah satu lokasi favorit. Lokasi tersebut cocok bagi pengunjung yang berlibur bersama keluarga. Memang Bukit Cinta Lembah Seroja terkenal dengan spot berlatar keindahan telaga dan juga Gunung Sindoro.

3. Kulineran Khas Wonosobo

Kulineran Khas Wonosobo

https://www.instagram.com/journey_jajan/

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan dan jangan sampai kelewatan adalah menikmati kulineran khas di Bukit Cinta Lembah Seroja. Banyak terdapat warung-warung yang ada di tempat ini yang menjual aneka makanan khas Wonosobo.

Salah satu kuliner yang bisa Anda nikmati adalah nasi megono. Nasi yang berisi  nasi dengan pelengkap tempe dan juga telur dadar ini memang wajib untuk dicicipi. Biasanya ada tambahan irisan sayur dan juga lauk pilihan lainnya sesuai dengan selera.

Selain sego megono, makanan khas Wonosobo yang harus Anda jajal adalah mie ongklok. Mie ongklok ini memang memiliki cita rasa yang berbeda. Mi yang dipakai mie kuning dengan kuahnya yang  terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan aneka bumbu dan juga rempah pilihan. Jadi rasa dari kuliner satu ini cenderung guruh dan asin

Ada juga camilan khas yaitu tempe kemul yang terkenal sejagat antero. Meski wujudnya sama, yaitu mendoan, namun rasanya special dibanding mendoan umumnya. Yang membuatnya beda dank has adalah selimut dari gandum dan campuran daun kucai.

Nah bagi Anda yang suka ngopi, jangan lewatkan untuk mencicipi kopi khas daerah ini ya. Menikmati secangkir kopi dengan menikmati pemandangan alam, tentunya akan menambah kenikmatan ngopi itu sendiri. 

Apalagi jika ditanami dengan orang tersayang. Ada café dengan tempat yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi ketika sunset tiba.

4. Bermalam Di Alam Bebas

Bermalam di Alam Bebas

https://www.instagram.com/lembahseroja/

Bagi Anda yang dari luar kota, tidak perlu khawatir jika ingin istirahat atau bermalam. Sebab memang mengunjungi Wonosobo sayang jika hanya sehari saja. Bermalam di Bukit Cinta Lembah Seroja juga mengasyikkan.

Anda bisa camping dengan membawa tenda sendiri, karena ada tempat yang sudah disediakan untuk area camping. Namun bisa juga menginap seperti camping di alam bebas, namun dengan fasilitas seperti penginapan.

Untuk tenda eksklusif disediakan Glamping. Menginap di glamping lebih enak, sebab sudah ada kasur dua buah. Jadi lebih nyaman ketika akan tidur. Terdapat juga toilet di dalamnya, dengan pilihan air panas dan juga air dingin.

Untuk satu tenda bisa ditempati maksimal 4 orang. Bukan itu saja camping semakin asyik karena ada cafenya, jadi Anda bisa masak-masak seperti berkemah di alam bebas. Pas sekali jika ingin barbeque di tempat ini. Biaya menginap di camp ini juga terbilang terjangkau, berkisar Rp 500.000 rupiah.

Jadi jika ingin menginap bersama pasangan atau keluarga juga tetap nyaman. Dengan menginap di glamping dapat merasakan sensasi tidur yang berbeda dengan berbaur dengan alam secara langsung.

Jika beruntung ketika cuaca cerah, Anda bisa menikmati langit malam yang indah dengan bintang dan juga bulan. Bukan itu saja keindahan lampu-lampu kota yang kelap-kelip juga bisa Anda nikmati di malam hari ketika bermalam di tempat ini.

Bagaimana, seru bukan? Untuk menikmatinya, jangan lupa mengajak kerabat atau orang terdekat untuk mengunjungi Bukit Cinta Lembah Seroja. Sebaiknya reservasi terlebih dahulu jika ingin menginap, supaya ketika sampai di sana tidak kehabisan tempat untuk menginap di tenda eksklusif.