Pernah mendengar negeri di atas awan? Ya tempat dimana kita berada seolah diselimuti awan. Tentunya tempat yang sangat tinggi dan indah. Di dataran tinggi Dieng, ada wisata Batu Angkruk yaitu wisata penuh tantangan dan menguji adrenalin.

Wisata Batu Angkruk adalah wisata yang penuh dengan kejutan. Pasalnya bukan hanya keindahan alamnya yang memanjakan kita, namun spot-spot cantik menawan yang disediakan oleh pengembang wisata di atas awan ini untuk para pengunjungnya.

Dataran tinggi Dieng memang merupakan salah satu tempat wisata yang cukup masyhur dengan sebutan Desa Tertinggi. Berada sangat jauh di atas permukaan laut membuat Dieng menjadi tempat yang terasa sangat dingin menusuk sampai ke tulang.

Sedangkan wisata Batu Angkruk adalah tempat dimana para pengunjung bisa melihat keindahan puncak Dieng dengan jelas melalui teras kaca yang dibangun di ujung jurang. Sungguh tempat yang sangat eksotik, menawan, dan selalu terkenang di hati.

Dieng secara alami memang merupakan tempat yang sangat indah panoramanya. Dengan kelebihan posisi geografis yang jauh di atas laut menyebabkan tempat ini memiliki cuaca yang kurang bersahabat bagi mereka yang tidak kuat dingin. 

Serba-Serbi Wisata Batu Angkruk

Namun tidak perlu khawatir, masih bisa diakali dengan memakai baju hangat yang proper. Menggunakan air hangat saat mandi, minum jahe, dan minuman hangat lainnya. Lain cerita dengan mereka yang alergi suhu dingin, harap ikuti anjuran dokter. 

Berikut ini merupakan hal-hal menarik tentang wisata Batu Angkruk. Juga petunjuk-petunjuk yang bisa digunakan sebagai panduan singkat saat berwisata ke dataran tinggi Dieng agar liburan Anda lebih berkesan.

1. Teras Kaca

Teras Kaca Wisata Batu Angkruk

https://www.instagram.com/suci_afiyati/

Teras kaca adalah layanan utama yang disediakan oleh pengembang tempat wisata untuk menarik minat para pengunjung. Teras ini berada di ujung jurang dan beralaskan kaca. Anda dapat langsung melihat jauh ke bawah dari bawah kaki Anda.

Dari sini para pengunjung dapat melihat dengan sempurna pemandangan di sekitar Dieng. Selain itu, pesona lukisan Sang Maha Kuasa ketika matahari terbit juga merupakan hal yang sangat diburu pelancong. Apalagi kalau bukan momen sunrise.

Seperti halnya di Bali dimana pemandangan ketika sunset terjadi begitu dinantikan oleh pengunjung, di sini juga demikian. Seolah pemandangan matahari terbit dan terbenam memiliki nilai magis tersendiri. 

Hal ini tidak lain karena momen peralihan dari langit gelap berubah perlahan menjadi terang. Sebaliknya saat sunset pun pesona peralihan dari langit yang berwarna biru menjadi hitam. Di antara peralihan itulah tercipta warna-warna hangat nan eksotik.

Tambahan informasi, pengelola teras kaca ini hanya mengizinkan maksimal 10 orang pengunjung berada di atasnya pada saat yang bersamaan. Faktor keamanan sangat diperhatikan oleh pengelola.

Betul, saat ini memang spot-spot tempat wisata tidak akan lengkap tanpa adanya spot instagramable. Itulah sebabnya pengelola tempat wisata di mana pun juga akan selalu berpikir kreatif untuk menyediakan sarana tersebut.

Tidak jarang orang mengunjungi suatu tempat wisata hanya karena ingin berfoto di spot-spot menawan. Tentu saja pada akhirnya hasil foto itu akan diunggah ke media sosial. Zaman dimana travelling menjadi dewa bagi para social media addicted.

Namun masih ada sebagian orang yang mengunjungi teras kaca dan berfoto hanya untuk koleksi pribadi. Untuk mereka ini, tanpa ada spot instagramable pun, mereka akan mengunjungi tempat ini karena keindahan alamnya.

2. Jam Buka Wisata Batu Angkruk

Jam Buka Wisata Batu Angkruk

https://www.instagram.com/indi_maharamah/

Jika kesana, maka Anda bisa mengunjungi dan menikmati manisnya pemandangan sejak pukul 06.00 sampai pukul 17.00. Anda dapat menikmati pergantian malam menjadi pagi. Sayangnya untuk pergantian dari sore ke malam tidak dapat dilihat.

Namun tentu tidak mengurangi keseruan saat berkunjung ke sana. Berada di cuaca yang dingin, memang menjadi pengalaman tersendiri. Terutama bagi wisatawan yang terbiasa sehari-hari dengan cuaca yang jauh lebih panas dan udara penuh polusi.

Disini udaranya sangat bebas dari polusi sehingga ketika dihirup akan menyegarkan pernafasan dan pikiran. Tidak seperti di kota ketika sepanjang hari disuguhi tebalnya asap kendaraan bermotor. Sangat tidak sehat bagi pernafasan dan keremajaan kulit.

3. Lokasi Wisata Batu Angkruk

Lokasi Wisata Batu Angkruk

https://www.instagram.com/aisakhoeriyah/

Wisata Batu Angkruk berlokasi di Jawa Tengah. Tepatnya berada di Jalan Dieng, Rejosari. Tambi. Wilayah wisata ini rupanya masuk ke dalam Kabupaten Wonosobo dan berada di Kecamatan Kejajar. 

Akses ke sini boleh dibilang cukup mudah karena dapat dilalui oleh moda roda dua maupun roda empat. Jarak dari Wonosobo sekitar 21 kilometer. Tidak perlu khawatir kemacetan. 

Namun bila sedang berada pada acara Dieng Festival, jangan harap Anda dapat menikmati suasana bebas macet. Akan banyak sekali wisatawan dan acara yang digelar sehingga kurang nyaman bagi yang ingin menikmati keheningan suasana.

Untuk menuju ke sini, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke Jalan Pemuda dari Alun-alun Wonosobo. Lurus saja sampai Anda melewati Jalan Dieng. Terus ikuti sampai Jalan Dieng habis.

Setelah itu ketika berpapasan dengan Gardu Pandang Dieng, turunkan kecepatan kendaraan Anda. kurang lebih 1 kilometer di sebelah kanan jalan akan Anda temukan wisata Batu Angkruk. 

4. Harga Tiket Wisata Batu Angkruk

Harga Tiket

https://www.instagram.com/ayodolan/

Harga tiket masuk hanya 2000 rupiah saja. Namun jika Anda hendak berfoto di spot-spot yang super menawan dan layak ditampilkan di Instagram, maka ada biaya tambahan antara 5.000 sampai 10.000 rupiah. Parkir dikenakan biaya 5000. 

5. Keseruan Yang Bisa Dilakukan

Keseruan Yang Bisa Dilakukan

https://www.instagram.com/susono_0/

Tentunya berfoto di tempat yang latar belakangnya sangat spesial. Dapat juga bersantai di Theater Angkruk. Di sini disediakan bean bag untuk duduk bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

6. Fasilitas di Batu Angkruk

Fasilitas

https://www.instagram.com/anggra_en/

Fasilitas terbilang lengkap untuk daerah wisata. Mushola, warung makan, spot foto, toilet, tempat parkir yang super luas, bahkan ada taman bunga yang sangat indah. Anda dapat memanjakan mata Anda. Dijamin menenangkan jiwa.

Ada pula gazebo untuk bersantai bersama keluarga dan handai taulan. Pastinya akan menambah keakraban bersama keluarga. Jangan heran kalau Anda dan kerabat betah menghabiskan waktu di sini bahkan enggan beranjak. 

Tips Kunjungan Ke Wisata Batu Angkruk

Untuk mendapatkan pemandangan terindah, sebaiknya Anda mempertimbangkan cuaca saat mengunjunginya. Cuaca cerah akan membuat seluruh pemandangan terlihat lebih jelas dan luar biasa indah.

Ingat untuk mengenakan pakaian hangat dan jaket agar lebih nyaman saat berada di sana. Kenakan juga sepatu atau alas kaki yang nyaman agar kaki tidak terasa sakit melakukan perjalanan menanjak.

Untuk makanan, Anda dapat pergi ke warung-warung makan di lokasi wisata Batu Angkruk. Sangat nikmat mengisi perut saat lapar dengan makanan dan minuman hangat yang tersedia di sana. 

Wisata Batu Angkruk memang tempat wisata yang cukup dibanggakan oleh penduduk sekitar. Tentu saja kehadiran tempat wisata ini menjadi anugerah bukan hanya bagi pengunjung, namun menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk setempat. 

Sangat menarik bukan wisata Batu Angkruk? Jika Anda belum pernah kesana, tempat ini bisa jadi salah satu destinasi wisata yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi. Rencanakan dengan baik dan Anda tidak akan kecewa saat kembali dari tempat ini.