Dieng Plateau Theater merupakan tempat wisata yang harus Anda kunjungi jika berwisata ke Dieng. Bagaimana tidak, Anda bisa menonton film mengenai sejarah dan latar belakang dataran tinggi Dieng. Dengan begitu nantinya jika Anda mengunjungi tempat wisata lainnya, maka sudah punya pengetahuan terlebih dahulu.

Tempat ini juga cocok  bagi Anda yang berkunjung dengan membawa anak-anak. Sebab anak-anak dapat menonton film dokumenter seputar sejarah maupun latar belakang tempat-tempat wisata yang terdapat di Dieng.

Lantas bagaimana cara mengunjungi tempat ini dan apa saja yang dapat dinikmati di Dieng Plateau Theater? Anda dapat membaca ulasan berikut untuk mendapatkan gambaran sebelum mengunjunginya.

Seputar Terbentuknya Dieng Plateau Theater

Seputar Terbentuknya Dieng Plateau Theater

https://atourin.com/destination/wonosobo/dieng-plateau-theater

Dieng Plateau Theater merupakan tempat yang diresmikan tahun 2006 silam, tepatnya pada bulan April. Waktu itu beliau Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meresmikan tempat ini. Jadi sebenarnya tempat inilah yang seharusnya pertama kali didatangi.

Sebab memang thater ini kana memberikan pengetahuan seputar Dataran Tinggi Dieng. Sebab memang di theater ini akan ditayangkan film dokumenter mengenai sejarah ataupun keadaan alam serta budaya di Dieng. Dengan demikian ketika mengunjungi wisata sekitar Dieng, sudah mendapatkan pengetahuan terlebih dahulu.

Lokasi Tempat Teater

Lokasi Tempat Teater

https://www.instagram.com/spirit_of_mom/

Teater ini memang lokasi sedikit masuk ke dalam, bahkan bisa dibilang sedikit tersembunyi. Jadi ketika sudah tiba di Wonosobo, Anda harus melewati objek wisata lainnya seperti Candi Arjuna dan telaga Pengilon.  Baru kemudian melewati Telaga Warna, baru kemudian bisa sampai ke Teater tersebut.

Jam Operasi Dan Biaya Masuk Theater

Jam Operasi Dan Biaya Masuk Theater

https://www.travelapak.id/2021/02/06/mengenal-sejarah-dieng-lewat-dieng-plateau-theater/

Theater ini mulai buka pada jam tujuh pagi dan tutup sekitar jam enam sore. Namun apabila Anda ingin berkunjung ke teater ini di luar jam buka, misalnya lebih pagi tetap bisa. Tentunya dengan berkoordinasi dengan petugas yang berjaga di theater ini.

Tiket untuk masuk ke theater ini juga terbilang murah, hanya sekitar Rp 10.000 rupiah saja. Teater ini juga lumayan besar, sebab mampu menampung penonton kurang lebih seratus orang. Untuk film yang diputar nanti merupakan film seputar sejarah hingga kebudayaan sekitar.

Untuk film tentang masyarakat dan juga Dataran Tinggi Dieng itu sendiri akan diputar sekitar 23 menit. Jadi tidak begitu menghabiskan banyak waktu, namun akan menambah pengetahuan Anda mengenai objek wisata Dieng.

Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi pengunjung. Kenapa demikian? Sebab dengan menonton film ini terlebih dahulu, maka pengunjung akan mendapatkan pengetahuan seputar objek wisata yang ada di Dieng.

Dengan begitu, maka ketika mengunjungi objek wisata tersebut, Anda sudah memiliki gambaran bagaimana tempat wisata tersebut. Jadi Anda tidak lagi gagap dan bingung ketika berada di lokasi tempat wisata yang dikunjungi.

Seputar Dataran Tinggi Dieng

Seputar Dataran Tinggi Dieng

https://www.instagram.com/ikutjalan2yuk/

Ada cerita menarik  tentang Dieng di masa lalu. Yang mana Dataran Tinggi Dieng ini awalnya memiliki jalur “Ondho Budho” yang memiliki tangga sepanjang 25 kilometer.

Jadi bisa dibayangkan seberapa tingginya anak tangga tersebut. Arti dari ondo budho ini merupakan sebuah  tangga kesucian. Ondo atau tangga ini adalah jalan utama untuk menuju  Dataran Tinggi Dieng tersebut.

Jalur ini juga merupakan jalur menuju tempat persinggahan peziarah yang disebut dengan Desa Sembungan. Jadi masyarakat sekitar ini ketika kana melakukan pemujaan di kuil (candi).

Dalam film ini juga disebutkan bahwa masyarakat Dieng memiliki beberapa tempat yang disakralkan, karena merupakan tempat pertapaan. Lokasi pertama yaitu Pertapaan Mandalasari, Goa Semar, Goa Pengantin, Gua Sumur dan Gua Jaran.

Kelima tempat tersebut merupakan tempat-tempat yang biasa menjadi tujuan para peziarah. Jadi jika Anda mengunjungi atau melewati tempat tersebut, sebaiknya benar-benar menjaga sikap. Supaya tidak terjadi hal-hal diluar dugaan yang justru dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Situs Peninggalan Jalan Menuju Dataran Tinggi Dieng

Situs Peninggalan Jalan Menuju Dataran Tinggi Dieng

https://www.lagilibur.com/2016/01/batu-pandang-ratapan-angin-spot-terbaik.html

Diterangkan juga dalam film yang diputar di Dieng Plateau Theater, bahwa situs peninggalan jalan atau Ondo Budho masih ada. Namun untuk peninggalannya kini berbentuk penggalan-penggalan saja, sebab sebagian banyak dari Ondo Budho ini banyak yang tertimbun tanah.

Jika Anda ingin menemukan sisa peninggalan dari Ondo Budho ini, bisa menemukan penggalannya di Desa Sikunang. Bukan hanay Desa Sikunang saja yang memiliki bekas situs Ondho Budho, namun Desa Siterus dan Desa Watu Kelir.

Fasilitas Theater Plateau

Fasilitas Theater Plateau

https://www.xplorewisata.com/2015/03/dieng-plateau-theater-dpt.html

Dieng Plateau Theater memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk dinikmati. Sebab meski letaknya yang tinggi dan menanjak, nyatanya fasilitas yang diberikan terbilang lengkap. Terdapat tempat parkir yang cukup luas, sehingga meskipun datang dengan menggunakan bus sekalipun tetap mudah untuk memarkirkan kendaraan.

Dieng Plateau Theater memiliki ruangan bioskop yang nyaman. Dengan daya tampung sekitar seratus orang maka tidak terlalu berjubel tentunya. Untuk ruang tunggunya juga nyaman. Jadi ketika film sudah terlanjur dimulai, maka Anda harus menunggu sekitar dua puluhan menit untuk menonton ulang.

Untuk menunggunya bisa berada di ruang tunggu tersebut. Dieng Plateau Theater juga memiliki fasilitas toilet yang bersih dan cukup nyaman, jadi tidak perlu khawatir ketika ingin ke toilet. Tidak kalah dengan bioskop yang berada di kota besar. Selain fasilitas toilet, terdapat juga mushola yang biasanya paling dicari pengunjung muslim.

Dengan adanya fasilitas mushola ini tentunya memudahkan masyarakat dalam menjalankan ibadah. Dengan begitu tidak perlu bingung lagi jika ingin menjalan ibadah sholat. Untuk musholanya sendiri juga bersih dan nyaman dan ada beberapa alat sholat yang bisa digunakan.

Namun sebaiknya membawa perlengkapan sholat sendiri untuk menghindari atri dan juga menjaga kebersihan. Bagi Anda yang sekalian membeli oleh-oleh, Dieng Plateau Theater merupakan tempat yang tepat.

Sebab lokasi ini merupakan salah satu pusat souvenir khas Dieng. Jadi biar tidak bingung mencari oleh-oleh, sekalian saja membeli di lokasi ini. Sebab di sepanjang lokasi terdapat warung yang menyediakan souvenir, oleh-oleh dan juga makanan matang khas Dieng.

Dieng Plateau Theater Berada Dekat Dengan Wisata Lainnya

Jika ingin berlibur bersama keluarga dan mengajak anak-anak, maka bioskop ini wajib menjadi incaran ya. Sebab anak pasti akan senang menonton film bersejarah yang dikemas dengan apik.

Bukan hanya bisa menikmati film di Dieng Plateau Theater, Anda bisa naik ke Bukit Ratapan Angin Dieng. Dari sini pemandangan Telaga Warna terlihat semakin mempesona dari ketinggian. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan tersebut, sebab memang hasil fotonya instagramable sekali.

Tempat ini memang banyak menjadi pilihan wisatawan, apalagi jika liburan. Karena biasanya juga menjadi lokasi study tour sekolah-sekolah sebagai wisata edukasi.  Jadi jika tidak ingin terlalu ramai, Anda bisa mengunjunginya ketika weekday. Atau jika ingin terhindar dari antrian, maka bisa berkunjung ketika pagi hari.

Pastikan Anda tidak terlupa mengunjungi Dieng Plateau Theater ya ketika mengunjungi tempat wisata di Dieng. Sebab akan menjadi pengalaman mengesankan, teriatam bagi putra putri Anda. Nah jika ingin lebih nyaman lagi. Bisa dengan memanfaatkan jasa travel yang sudah banyak tersedia saat ini. Jadi akan lebih bugar dan semangat ketika menjelajah.