Mie ongklok sebagai makanan khas Kota Wonosobo. Makanan khas dari kabupaten Wonosobo yang begitu terkenal. Selain itu, juga sangat disukai oleh berbagai masyarakat. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan khas. Tentunya akan memanjakan lidah para penikmatnya.

Jika anda mencari tempat nongkrong yang asik di Wonosobo perlu nih untuk mengunjungi rumah mie ongklok. Beberapa warung yang tersebar di Wonosobo yang menyajikan mie khas kota dingin ini dan tidak ditemukan di kota lain.

Asal Mula Mie Ongklok Wonosobo

asal usul mie ongklok wonosobo

Menurut masyarakat Wonosobo, mie ini asalnya dari seorang pencipta resep makanan. Pencipta resep makanan tersebut merupakan seorang tukang masak pada sebuah warung bakmi. Saat tukang masak tersebut sudah tidak bekerja lagi pada warung bakmi tersebut, dengan tidak sengaja menciptakan resep mie ongklok.

Akhirnya beliau memutuskan untuk menjual mie secara mandiri. Tukang masak tersebut yang merasa tidak puas dengan mie buatannya sendiri, mencoba mengolah mie, namun cara yang berbeda. Melalui proses percobaan berkali-kali dan juga memanfaatkan potensi alam yang ada, akhirnya ia berhasil menciptakan resep mie ini. Mie yang melegenda sampai saat ini.

Pada proses pembuatannya menggunakan ongklok, maka mie tersebut terkenal dengan mie ongklok. Ongklok merupakan alat yang terbuat dari anyaman bambu dan bentuknya keranjang kecil. Penggunaan alat tersebut biasanya untuk merebus mie ongklok Wonosobo.

Untuk proses pembuatannya memerlukan mie, potongan kucai, dan sayur kol. Kemudian dimasukkan ke dalam ongklok. Ongklok dicelup-celupkan ke dalam air mendidih secara berulang-ulang. Hal tersebut dilakukan sampai matang. Apabila sudah matang, maka penyajiannya dalam mangkuk. Tidak lupa untuk menyiramnya dengan kuah kental. Pembuatan kuah kental dengan menggunakan bumbu khusus.

Penyajian Mie Ongklok

mie ongklok wonosobo

Penyajian mie ini biasanya bersama tempe kemul, keripik tahu, dan sate sapi. Anda juga bisa menambahkan kecap dan bawang goreng. Tentunya untuk menambah cita rasa. Apabila anda menyukai makanan pedas. Anda bisa menambahkan merica bubuk dan sambal.

Mie ini bisa menjadi sangat enak karena kuahnya yang terbuat dari campuran alami. Mulai dari campuran udang kering, saripati singkong, dan gula merah yang bercampur bubuk kacang. Selain itu, juga campuran bawang goreng dan taburan lada. Apabila memadukannya dengan sate sapi, akan menambah kelezatannya tersendiri.

Bahan Untuk Membuatnya

Untuk membuat mie ongklok Wonosobo tersebut, memerlukan beberapa bahan dan juga bumbunya. Bahan yang anda butuhkan seperti 300 gram mie basah, 10 kucai, iris halus, dan 750 ml kaldu daging. Selain itu, 3 sendok makan tepung kanji, 3 sendok makan kecap manis, dan 2 sendok makan minyak untuk menumis. Ebi juga dibutuhkan secukupnya saja. Untuk bumbu halusnya seperti 2 siung bawang putih, ¼ sendok teh merica, dan ½ sendok teh garam halus.

Cara Pembuatan

pembuatan mie ongklok

Pertama yang perlu anda lakukan memanaskan minyak goreng. Kemudian tumis bumbu halus yang telah anda siapkan tadi. Tunggu sampai harum, kemudian masukkan kaldu dagingnya. Tambahkan juga ebi dan tepung kanji. Tepung yang sebelumnya telah larut dalam air. Aduk sampai kuah tersebut mengental, lalu mengangkatnya.

Sambil menunggu kuah mie tersebut kental, anda bisa menyiapkan air panas untuk merebus mie dan kucai. Apabila airnya sudah mendidih kemudian masukkan mie, kol, dan kucai dalam saringan. Lalu merebusnya sampai matang.

Tuangkan rebusan mie kucai dan irisan kol tersebut ke dalam mangkuknya. Selanjutnya siramkan kuah mie yang telah anda buat tadi. Untuk menambahkan cita rasa, anda bisa memberikan irisan bawang goreng dan sedikit kecap manis.

Tambahan sate ayam, kambing, atau sapi yang akan menjadi lauk pelengkap. Tentunya yang membuat sajian mie ongklok Wonosobo lebih sempurna.

Untuk lebih lengkapnya bisa nih menonton video youtube chanel Carica Sumbing Segar di bawah ini.

Oleh-Oleh Khas Wonosobo

ide bisnis untuk pemula

Kota Wonosobo tidak hanya memiliki makanan khas. Namun juga memiliki minuman segar dalam kemasannya yang khas. Pengemasannya dalam bentuk sirup atau minuman segar yang bernama carica. Carica Sumbing Segar sebagai pilihan oleh-oleh Kota Wonosobo.

Apabila anda pernah mengunjungi Kota  Wonosobo. Tentunya akan menjumpai tempat oleh-oleh yang menjual carica dalam kemasan cup atau botol gelas. Banyak yang menyebutnya sebagai manisan carica. Manisan carica sebagai produk unggulannya, sehingga banyak wisatawan yang mencarinya.

Apabila datang ke Kota Wonosobo untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, salah satu produk olahan dengan merek Sumbing Segar. Produk yang terbuat dari papaya Dieng pilihan menggunakan racikan bahan alami.

Apabila anda mengunjungi Kota Wonosobo, tentunya tidak lupa untuk mencoba mie ongklok dan Carica Sumbing Segar. Hidangan khas yang ada di Kota Wonosobo.