Oleh oleh khas Wonosobo terfavorit yang sering diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke sana bermacam-macam. Seperti yang diketahui, Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang cukup terkenal di provinsi Jawa Tengah. Daerah yang mendapatkan julukan sebagai ‘kota bunga’ ini memang menyimpan banyak sekali potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya.

Selain tempat wisata yang dijamin keren, di Wonosobo juga banyak sekali dijumpai oleh oleh khas yang sering diburu untuk dijadikan buah tangan. Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Wonosobo dalam waktu dekat ini, pastikan untuk membeli beberapa oleh-oleh favorit berikut. Langsung saja berikut ini akan disajikan beberapa informasi singkat seputar rekomendasi oleh-oleh khas daerah Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan.

Daftar Oleh Oleh Khas Wonosobo yang Wajib Dibeli

1. Kacang Dieng

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Wonosobo sebelumnya, tentu saja tidak asing dengan salah satu oleh-oleh khas yang sangat terkenal ini. Kacang Dieng menjadi oleh-oleh yang selalu diburu oleh para wisatawan baik yang berkunjung ke daerah Dieng ataupun Wonosobo.

Bentuk dari kacang dieng sendiri terbilang cukup unik dan berbeda dari kacang-kacang pada umumnya. Untuk ukurannya jauh lebih besar dan biasanya digoreng dan ditambah taburan bumbu agar rasanya semakin gurih dan nikmat. Jadi, untuk Anda yang sedang liburan ke Wonosobo dan sekitarnya, jangan sampai lupa membeli oleh-oleh yang satu ini ya!

2. Kripik Jamur Andalan Oleh Oleh Khas Wonosobo

keripik jamur

Selain terkenal dengan oleh-oleh Kacang Dieng-nya, ternyata Wonosobo juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil jamur. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya tempat yang membudidayakan jamur di Wonosobo mulai dari skala kecil hingga skala besar. Bahkan salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini pernah dinobatkan sebagai kota penghasil jamur dengan kuantitas terbaik dengan jumlah produksi yang lumayan besar.

Pada awalnya, kripik jamur yang ada di Wonosobo ini merupakan olahan industri perumahan yang terus mengalami perkembangan. Sehingga tidak heran jika cita rasa daerahnya masih sangat terasa berbeda dengan kripik jamur yang Anda jumpai di kota-kota besar. Nah, bagi Anda yang suka dengan kripik jamur, jangan lupa untuk memborongnya saat berkunjung ke Wonosobo. Tidak perlu khawatir dengan harganya karena dijamin terjangkau dan tidak menguras kantong.

3. Terong Belanda

terong belanda

Oleh-oleh khas Wonosobo lainnya yang terbilang unik karena jarang dijumpai ditempat lainnya adalah Terong Belanda. Nah, bagi Anda yang sama sekali belum pernah melihat bentuknya akan berfikir bahwa terong Belanda ini adalah buah tomat. Namun kenyataannya ini adalah sebuah terong yang sering digunakan untuk berbagai olahan salah satunya sirup.

Banyak sekali wisatawan yang memburu buah ini saat ke Wonosobo karena memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda tidak suka mengkonsumsi nya secara langsung maka bisa membeli dalam bentuk olahannya. Rasanya yang begitu khas akan membuat Anda ketagihan dan ingin terus mencobanya.

4. Geblek dan Tempe Kemul Khas Wonosobo

tempe kemul

Geblek dan Tempe Kemul menjadi oleh oleh khas Wonosobo selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika Anda suka makanan yang berbahan dasar dari tempe, tentu saja kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Sesuai dengan namanya, tempe kemul merupakan makanan yang berbahan dasar tempe yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan camilan jenis gorengan yang sangat nikmat di makan saat masih hangat. Meski hanya sebuah camilan gorengan namun geblek dan tempe kemul telah dicampur dengan bahan rempah-rempah yang membuat cita rasanya semakin gurih dan nikmat. Selain lezat, alasan mengapa banyak wisatawan yang selalu memburu oleh-oleh ini yaitu karena harganya yang sangat terjangkau. Untuk bisa menikmati kelezatannya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 500 rupiah saja. Murah sekali, bukan?

5. Sagon Oleh Oleh Khas Wonosobo

oleh oleh khas wonosobo sagon

Sagon menjadi salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di daerah Wonosobo. Umumnya untuk bentuk sagon ini yaitu berbentuk pipih dan berwarna putih. Sagon sendiri merupakan oleh oleh khas Wonosobo yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa. Setelah itu, dipanggang sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Untuk bisa menemukan makanan khas yang satu ini sangatlah mudah karena hampir bisa dijumpai di sepanjang jalan Wonosobo. Untuk harganya sendiri biasanya dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung dari jumlah sagon per bungkusnya. Nah, bagi yang mau liburan ke Wonosobo jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini ya!

6. Opak

opak wonosobo

Tahukah Anda, Wonosobo merupakan salah satu daerah penghasil opak terbesar yang ada di Indonesia. Cita rasa yang dihadirkan oleh opak khas Wonosobo ini terkenal gurih dan lezat. Sehingga siapa saja yang mencobanya akan ketagihan.

Perlu diketahui, oleh-oleh Opak yang dijual di Wonosobo ini terbagi menjadi dua yakni opak singkong dan opak ketan. Perbedaannya, untuk olahan opak ketan biasanya dicampur dengan parutan kelapa. Sedangkan untuk opak singkong tidak dicampuri dengan bahan pelengkap lainnya atau disajikan polos begitu saja.

Umumnya untuk opak singkong dan opak ketan dibentuk menjadi lembaran yang berbeda-beda tergantung pihak penjualnya. Opak khas Wonosobo ini sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan mi ataupun nasi goreng.

7. Dendeng Gepuk

dendeng gepuk

Dendeng gepuk menjadi oleh-oleh khas Wonosobo yang tidak kalah terkenal dibandingkan dengan olahan khas lainnya. Sesuai dengan namanya, olahan yang satu ini paling cocok dinikmati dengan nasi putih hangat, sambal bajak dan juga teh manis.

Untuk bisa mendapatkan satu kotak dendeng gepuk ini sangatlah mudah karena sudah banyak tersedia di pusat oleh-oleh yang ada di daerah Wonosobo. Lalu, berapa harganya? Untuk harganya bervariasi namun umumnya di banderol dengan harga Rp 100 ribu saja per kotaknya. Memang kalau dilihat dari harganya lumayan mahal sih namun sebanding dengan cita rasa yang dihadirkan.

8. Buah Carica Minuman Khas Wonosobo

oleh oleh khas wonosobo

Sudah pernah melihat buah carica? Jika belum, Anda bisa berkunjung ke daerah Wonosobo untuk bisa melihatnya. Dilihat dari bentuknya buah Carica merupakan sebuah buah yang mirip dengan pepaya. Salah satu keunikan dari buah ini yaitu hanya bisa ditemukan di Dieng, Wonosobo. Tak heran jika banyak wisatawan berburu buah ini untuk dijadikan oleh-oleh keluarga tercinta.

Kalau belum tahu tentang buah papaya Dieng atau biasa disebut dengan buah dewa bisa baca artikel : Informasi Lengkap Tentang Buah Carica.

Umumnya, masyarakat Wonosobo mengolah buah carica ini dalam bentuk manisan yang sangat lezat dan segar. Kemudian manisan tersebut dikemas dalam cup dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Hanya saja, untuk olahan yang satu ini tidak bisa bertahan lama sehingga setelah membelinya, usahakan untuk langsung mengkonsumsinya agar tidak basi.

Untuk Anda yang tertarik untuk membeli oleh-oleh dari buah Carica, Carica Sumbing Segar bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Kami merupakan produsen yang memproduksi olahan berbahan Carica yang sudah sangat terkenal di Wonosobo. Salah satu produk olahan terbaik kami yaitu Carica Sumbing Segar yang terbuat dari bahan alami yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak perlu khawatir dengan kehigienisan-nya karena kami mengolahnya dengan standar pengolahan pangan terbaik. Kami pun akan selalu berusaha untuk mengetamakan kualitas dan keamanan pangan sesuai dengan SOP yang ditetapkan. Jadi, saat Anda berkunjung ke Wonosobo pastikan jangan sampai melewatkan oleh oleh khas Wonosobo Carita Sumbing Segar – segarnya serasa piknik !