Berkunjung ke Wonosobo kurang pas rasanya jika tidak mencoba beberapa makanan khas Wonosobo yang terkenal lezat dan unik. Siapa sih yang tidak kenal dengan Wonosobo? Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini terkenal karena suhunya yang dingin dan memiliki banyak potensi wisata yang sangat beragam. Maka tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke daerah ini apalagi saat musim liburan tiba.

Sama halnya dengan daerah lainnya di Indonesia, di Wonosobo juga memiliki banyak pilihan makanan khas yang dijamin bikin penikmatnya ketagihan. Tentu saja sangat cocok untuk Anda yang hobi berkuliner, bukan? Apa saja makanan khas yang bisa Anda cicipi di sana? Nah, berikut ini akan disajikan sedikit ulasan singkat tentang beberapa makanan khas daerah Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan.

Rekomendasi Pilihan Makanan Khas Wonosobo Terpopuler

Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Wonosobo yang bisa anda nikmati ketika datang ke Wonosobo. Belum lengkap kalau kalian tidak menikmati beberapa makanan khas Wonosobo di bawah ini.

Mie Ongklok Wonosobo

mie ongklok wonosobo

Liburan ke Wonosobo? Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba Mie Ongklok yang sudah sangat terkenal di Jawa Tengah ini. Bahkan perlu diketahui, sudah sejak lama Mie Ongklok ini menjadi ikon kota Wonosobo yang selalu diburu oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Jika dilihat dari bentuknya, sekilas hampir sama dengan mie ayam khas Solo yang terbuat dari bahan mie, kubis dan kol yang dicampur dengan kuah kental.

Rasanya yang khas dan begitu nikmat membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan dengan cita rasa yang dihadirkan nya. Saat Anda menikmati makanan Mie Ongklok ini, kurang pas jika tidak dinikmati berbarengan dengan sate kambing dan tempe kemul.

Di Wonosobo sendiri terdapat beberapa warung yang menjual Mie Ongkol yang sudah sangat terkenal. Bahkan saking terkenalnya, warung tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mulai dari pagi hari hingga petang. Nah, bagi Anda yang hobi berkuliner pastikan untuk mencobanya ya!

Nasi Megono

kuliner wonosobo

Kuliner khas Wonosobo selanjutnya yang wajib untuk dicicipi adalah Nasi Megono Khas Wonosobo. Untuk makanan khas yang satu ini merupakan kuliner tradisional Wonosobo yang masih mudah untuk Anda jumpai di warung-warung di sana. Nasi Mergono sendiri meruakan sebuah makanan yang terdiri dari nasi, irisan sayur, dan ditambah dengan lauk ikan teri.

Biasanya masyarakat menyebut kuliner ini dengan julukan sego reged atau nasi kotor. Mengapa demikian? Hal tersebut karena tampilan nasinya yang terlihat kotor, namun meski begitu bukan berarti nasinya kotor ya!

Saat mencicipi kudapan ini, jangan lupa untuk menikmatinya berbarengan dengan tempe kemul khas Wonosobo. Akan lebih nikmat lagi jika Anda ditemani dengan secangkir teh hangat di tengah dinginnya udara di daerah Wonosobo. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk mencoba makanan khas ini bisa langsung datang ke arung Sego Megono yang ada di daerah Wonosobo timur. Untuk harganya sangat terjangkau yakni sebesar Rp 2.500 sampai Rp 3.000 saja per porsinya.

Tempe Kemul Wonosobo

makanan khas wonosobo

Sebelumnya kita sering membahas tentang tempe kemul Wonosobo. Lalu sebenarnya apa itu tempe kemul Wonosobo? Sesuai dengan namanya, tempe kemul merupakan salah satu camilan khas Wonosobo yang terbuat dari bahan utama tempe. Sekilas jika dilihat dari tampilannya, tempe ini hampir sama dengan tempe mendoan yang berasal dari Purwakarta. Namun bedanya, untuk lapisan dari tempe ini lebih banyak dan ditambah dengan taburan kucai sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat.

Umumnya para masyarakat Wonosobo sering menjadikan tempe kemul ini sebagai lauk untuk pelengkap makanan lainnya seperti Mie Ongklok. Namun, camilan ini juga sangat nikmat jika hanya dimakan dengan cabai rawit mentah ataupun sambal.

Bagi Anda yang penasaran dengan camilan yang satu ini, dapat dengan mudah menemukannya saat berkunjung ke Wonosobo. Hampir semua warung-warung di pinggir jalan Wonosobo menjual camilan khas yang satu ini. Nah, untuk harganya sendiri sangat murah yakni sekitar Rp 500 per buahnya.

Cenil Khas Wonosobo

Cenil Wonosobo

Makanan khas Wonosobo yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Cenil. Untuk makanan yang satu ini sebenarnya sangat mudah dijumpai di daerah Jawa Tengah. Cenil sendiri merupakan salah satu makanan tradisional yang kerap dijual oleh pedagang kaki lima. Harganya pun masih sangat terjangkau sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan kuliner merakyat.

Cita rasa yang dihadirkannya sangat lezat, apalagi semakin nikmat jika ditambah dengan siraman gula jawa di atasnya. Tak lupa biasanya ditambah dengan taburan parutan kelapa sehingga membuat rasanya semakin khas.

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke Wonosobo dan penasaran dengan cita rasa camilan cenil bisa langsung datang ke Alun-Alun Wonosobo. Di sana ada banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Wonosobo yang satu ini. Biasanya untuk harga per porsinya dijual sekitar Rp 5.000,- saja.

Sagon Makanan Khas Wonosobo Unik

Makanan khas Wonosobo rekomended

Berkunjung ke Wonosobo jangan lupa untuk mencicipi makanan Sagon yang sudah sangat terkenal hingga diluar Jawa tengah ini. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Wonosobo sebelumnya, tentu sudah tidak asing dengan salah satu makanan yang berbentuk bulat dan tebal ini. Sagon sendiri merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung sagu, parutan kelapa dan juga gula.

Selanjutnya adonan akan dibakar di atas kayu bakar atau arang sehingga membuat aromanya menjadi lebih khas. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli makanan khas Wonosobo ini bisa langsung datang ke Pasar Induk Wonosobo. Makanan ini juga sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Nah, untuk harganya Anda tidak perlu khawatir karena Sagon masuk dalam kategori makanan murah meriah.

Geblek Khas Jawa Tengah

kuliner khas wonosobo

Bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah berkunjung ke Jawa Tengah tentu sudah tidak asing dengan makanan Geblek khas Jawa Tengah. Tahukah Anda ternyata makanan Geblek juga sangat terkenal di daerah Wonosobo. Geblek sendiri merupakan salah satu makanan yang berwarna putih dan seringkali dijual oleh penjual gorengan yang ada di Kawasan Wonosobo.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini yaitu campuran tepung pati dan daun kucai yang digoreng hingga mengembang. Untuk rasanya sendiri gurih dan lezat, hanya saja sedikit alot. Di Wonosobo Geblek tidak hanya dijual dalam bentuk matang saja tetapi juga dijual dalam kondisi mentah. Untuk geblek mentah yang dikemas biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 25.000 per 50 geblek.

Selain itu anda juga bisa melihat berbagai kuliner di Wonosobo dengan subcribe channel youtube Carica Sumbing Segar.

 

Selain beberapa makanan khas yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada satu lagi kuliner khas Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan yakni buah Carica. Perlu diketahui, salah satu keunikan dari buah ini yaitu hanya bisa dijumpai di daerah Dieng Wonosobo. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati cita rasa buah Carica lebih praktis dan mudah maka Anda bisa membeli Carica Sumbing Segar.

Lebih lengkap tentang papaya Dieng : Buah Carica Dieng

Carica Sumbing Segar merupakan salah satu produk manisan buah Carica yang berbuat dari 100% bahan alami yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh-oleh khas Wonosobo ini diolah dengan standar pengolahan pangan yang baik sehingga dijamin aman dan berkualitas. Selain enak, manisan buah Carica ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, sehingga pastikan untuk mencobanya. Nah, itulah beberapa makanan khas Wonosobo yang wajib untuk dicoba. Semoga bermanfaat!