Wajib Dikunjungi, Simak Daftar Gunung di Wonosobo

Daftar Isi

Sejak 198 tahun yang lalu kabupaten Wonosobo didirikan. Yaitu tepat pada tanggal 24 Juli 1825. Nama Wonosobo diambil dari Bahasa Jawa yang artinya tempat berkumpul di hutan. Karena itu, wajib untuk mengetahui daftar gunung di Wonosobo.

Berdasarkan letak geografisnya, bagian timur kabupaten Wonosobo berbatasan dengan Magelang dan Temanggung. Sedangkan dari barat berbatasan dengan Banjarnegara, Kebumen dan Purworejo. Di bagian utara berbatasan dengan Kendal dan Batang.

Deretan Pegunungan di Wonosobo

Deretan gunung di Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B8kBxn7FDY9/

Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi dataran tinggi Dieng, tentunya mengetahui dengan jelas bahwa daerah tersebut berada di Wonosobo. Dieng merupakan dataran tinggi di Wonosobo yang memiliki suhu hingga 0 derajat celcius.

Suhu yang mencapai 0 derajat celcius tersebut dikarenakan Dieng itu sendiri berada di ketinggian 1600-2100 mdpl. Namun, bukan hanya dataran tinggi Dieng saja, Wonosobo juga memiliki beragam gunung lainnya yang keindahan alamnya tak kalah menarik.

Namun sebelum lanjut ke beberapa Gunung di Wonosobo. Ada satu hal yang tidak boleh tertinggal nih, yaitu bawa oleh oleh Carica Sumbing Segar. Bisa anda bawa saat mendaki atau dibawa ke rumah untuk oleh oleh keluarga di rumah lho. Tentunya dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Tentunya lagi sudah BPOM sehingga aman untuk keluarga di rumah.

Manisan Carica

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B5W44seoMCd/

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang daftar gunung di Wonosobo. Gunung apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini agar Anda mendapatkan informasi yang akurat.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing daftar gunung di Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CwhwdM1P2ai/

Tempat pertama dari daftar gunung di Wonosobo diketahui berada pada ketinggian 3.340 meter dari permukaan laut. Tak heran tempat ini dijuluki sebagai gunung tertinggi kedua yang berada di Jawa Tengah. Tak lain namanya adalah Gunung Sumbing.

Wilayah yang berada di urutan kedua setelah Gunung Slamet ini terletak tepat di tiga kabupaten. Yaitu Wonosobo, Temanggung dan Magelang. Gunung Sumbing sendiri merupakan jenis stratovolcano yang menurut catatan pernah terjadi letusan tahun 1730.

Untuk dapat mencapai puncak Gunung Sumbing, diketahui ada lima jalur pendakian yang dapat Anda lalui. Namun, Anda wajib berhati-hati karena beberapa jalur terkenal cukup ekstrem untuk dilalui.

Sebaiknya Anda memilih jalur aman yang biasanya digunakan oleh para pendaki pemula seperti berikut ini:

Melalui Jalur Cepit Parakan

Jalur pendakian pertama ini letaknya di Desa Cepit, Parakan, Temanggung. Walaupun bukan merupakan jalur pendakian pilihan pertama para pendaki Gunung Sumbing, namun pemandangannya indah.

Bagi Anda yang ingin melalui jalur ini, sebaiknya memulai perjalanan dari Rumah Sakit Ngesti Waluyo. Dari rumah sakit tersebut akses untuk menuju ke Gunung Sumbing semakin mudah untuk dilalui.

Melalui Jalur Garung

Apabila ini merupakan pendakian pertama Anda di Gunung Sumbing, maka ada baiknya untuk melalui jalur Garung. Jalur ini diketahui sangat populer di kalangan para pendaki pemula karena medannya yang mudah dijangkau.

Selain itu, basecamp untuk para pendaki letaknya di pinggir jalan sehingga mudah untuk Anda temukan.┬áJika Anda berangkat dari Semarang, pilih jalan Sumowono – Temanggung – Wonosobo.

Selanjutnya Anda dapat berhenti di area yang terdapat petunjuk berupa tulisan ‘Garung Base’. Waktu tempuh pendakian hingga puncak melalui jalur tersebut kurang lebih 8-9 jam. Walaupun demikian, lama perjalanan akan disesuaikan dengan kecepatan pendaki.

Jalur pendakian Bowongso

Jalur Bowongso merupakan jalur pendakian yang tidak diperuntukkan bagi para pemula. Pasalnya, jalur ini sepi dan memiliki beberapa rintangan yang ekstrem. Bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tentu diperbolehkan untuk melalui jalur ini.

Mulailah perjalanan dari terminal Mendolo Wonosobo, kemudian menuju Pasar Kertek dengan berjalan kaki. Dari pasar tersebut Anda bisa menuju basecamp Bowongso. Lama perjalanan diperkirakan kurang lebih selama 7 jam.

Melalui Mangli Kaliangkrik atau Dusun Butuh

Dari sebuah laman resmi diketahui bahwa jalur pendakian yang melalui Dusun Butuh adalah cara tercepat untuk mencapai Gunung Sumbing itu sendiri. Jalur ini sering kali menjadi pilihan utama pendaki, namun walaupun demikian masih kurang terkenal.

Anda dapat memulai perjalanan dari desa Kalegen. Dari desa Kalegen ini Anda dapat mengendarai ojek sampai ke basecamp Gunung Sumbing. Keseluruhan perjalanan hingga ke pucak Gunung Sumbing dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 6-7 jam.

Jalur pendakian Sipetung

Jalur lainnya adalah Sipetung yang berada di Desa Jambu, Kledung, Temanggung. Dari desa tersebut Anda dapat berjalan kaki kurang lebih 500 meter menuju basecamp pendakian. Sedangkan pendakian menuju puncak dapat ditempuh dalam waktu 7-8 jam. Lengkapnya bisa kunjungi artikel pendakian Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro Daftar Gunung di Wonosobo

Gunung Sindoro daftar gunung di Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CwzhgDdrau5/

Selanjutnya adalah Gunung Sindoro atau Sindara/Sundoro yang merupakan jenis vulkano aktif di daerah Jawa Tengah. Gunung yang diketahui memiliki ketinggian 3.150 meter dari permukaan laut ini letaknya tepat di samping Gunung Sumbing.

Letak Gunung Sindoro berada di dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Temanggung. Adapun kondisi terkini Gunung Sindoro memiliki kawah yang besar terkenal dengan nama Kembang. Kawah Kembang memiliki lava kecil tepat di puncak Gunung Sindoro.

Para ahli sejarah telah menyatakan bahwa Gunung Sindoro pernah menjadi pusat peradaban Mataram kuno. Sedangkan jalur pendakian untuk Gunung Sindoro diketahui cukup banyak. Salah satu jalur yang populer yaitu Kledung.

Hamparan bunga Edelweiss merupakan pesona alam yang ada di Gunung Sindoro. Disarankan bagi Anda untuk mendaki Gunung Sindoro di antara bulan Mei sampai Agustus agar dapat menyaksikan langsung keindahan Edelweiss yang menakjubkan.

Selain itu, di puncak Gunung Sindoro juga terdapat dua danau kecil yang airnya jernih. Karena itu, para pendaki sering memanfaatkan air jernih dari kedua danau tersebut. Apabila tertarik untuk mendaki ke Gunung Sindoro, rencanakanlah sebaik-baiknya. Lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Gunung Sindoro.

Gunung Prau

Gunung Prau

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CxDHhjRPqYV/?img_index=1

Gunung Prau juga terdapat di daftar gunung yang ada di Wonosobo. Area yang juga dikenal dengan nama Gunung Prahu ini merupakan wisata alam di kawasan dataran tinggi Dieng. Ketinggian Gunung Prau sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut.

Dikarenakan medannya yang tidak terlalu sulit, maka tak heran jika selama ini Gunung Prau merupakan gunung favorit bagi para pendaki pemula. Anda wajib menyempatkan waktu mendaki di Gunung Prau karena pemandangan alam di area ini sangat indah. Adapun jalur melalui Wates. Lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Jalur Pendakian Gunung Prau Via Wates.

Gunung Kembang Salah Satu Daftar Gunung di Wonosobo

Gunung kembang daftar gunung di Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/Cwe5JfPyoH-/

Gunung berikutnya dari daftar gunung yang ada di Wonosobo adalah Gunung Kembang. Lebih tepatnya gunung ini berada di Dukuh Blembem Kali urip, Damarkasihan, Kretek, kabupaten Wonosobo.

Gunung Kembang berada pada ketinggian 2.320 meter dari permukaan laut dan diperkirakan masih akan bertambah. Untuk tiket registrasinya sendiri adalah Rp. 50.000,- sudah termasuk jasa antar. Untuk parkir sekitar Rp. 10.000/motor dan Rp. 20.000/mobil. Ada juga biaya surat keterangan sehat sebesar Rp. 20.000,-.

Terdapat fasilitas mulai dari musola, parkir, WC, kamar mandi, tempat logistik, camping area. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Gunung Kembang.

Gunung Bismo Merupakan Daftar Gunung di Wonosobo

Gunung Bismo Daftar gunung di Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/Cx2jiJwLMaL/

Selain Gunung Kembang dan Gunung Prau, di kawasan dataran tinggi Dieng juga terdapat Gunung Bismo. Lebih tepatnya Gunung Bismo terletak di bagian selatan dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Sedangkan ketinggian Gunung Bismo yaitu 2.365 mdpl.

Uniknya, Gunung Bismo ini memiliki puncak yang dikenal dengan nama Puncak Indrapasta. Para pendaki dapat menikmati keindahan alam sekitar dari Puncak Indrapasta tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat melihat langsung Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari atas puncak bagian selatan. Setelah mengetahui informasinya, daftar gunung di Wonosobo cukup menarik, bukan?

Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Gunung Bismo.

Kesimpulan

Pada dasarnya, aktivitas mendaki gunung merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan alam. Ketika berada di atas ketinggian gunung, Anda seolah sedang melihat lukisan alam. Pilihlah salah satu gunung dari daftar gunung di Wonosobo.

Last Updated: December 9, 2023|Categories: Wisata|Tags: |

Yuk Share Ke Temanmu

Hubungi Kami

  • Google Maps : Pabrik Carica Sumbing Segar (Jl. Kertek – Parakan Km. 8, Reco, Kertek, Wonosobo)
  • 0822-2744-3334

Title

Go to Top