Alun Alun Wonosobo : Family Friendly Solusi Hiburan Gratis

Daftar Isi

Alun-alun Wonosobo menjadi solusi liburan keluarga yang lengkap dan gratis. Sebab, ada banyak hiburan, kuliner dan juga sejarahnya yang erat dengan masyarakat sekitar.

Apalagi, di sini pun menjadi lokasi penyelenggaraan berbagai acara budaya dan seni tradisional. Seperti wayang kulit dan kuda lumping, yang merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Wonosobo. Membuat tempat ini semakin layak untuk dikunjungi.

Sejarah Alun-alun Wonosobo

Sejarah-Alun-alun-Wonosobo.jpg

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/Cs72ucsvQaP/

Konon, pada zaman dahulu, alun-alun Wonosobo merupakan tempat pertemuan antara lima buah jalan besar yang menghubungkan berbagai kota di Jawa Tengah. Oleh karena itu, di tengah-tengah alun-alun didirikan Monumen Simpang Lima Gumuk sebagai simbol titik pertemuan lima jalan tersebut.

Kemudian, pada tahun 1812, Wonosobo dan sekitarnya dilanda gempa bumi dahsyat yang mengakibatkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Namun, setelah gempa bumi tersebut, di sekitar alun-alun tumbuh pohon beringin yang menjadi simbol kekuatan dan ketahanan masyarakat Wonosobo.

Selain itu, pada masa penjajahan Belanda, alun-alun Wonosobo menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi para tokoh nasionalis, seperti Soedirman dan Ki Hajar Dewantara, untuk merencanakan perlawanan terhadap penjajah.

Di alun-alun Kota Wonosobo juga terdapat sebuah tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan para pejuang kemerdekaan yang gugur dalam Pertempuran Ambarawa pada tahun 1945. Tugu ini menjadi simbol semangat perjuangan dan nasionalisme masyarakat Wonosobo.

Lokasi Dan Rute Menuju Alun-Alun Wonosobo

Lokasi Alun-Alun Wonosobo

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/Cs2c5BIp_CP/

Alun-alun Wonosobo terletak di pusat kota Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Lebih tepatnya terletak di Jalan Dr. Soetomo, Wonosobo, Jawa Tengah. Jika Anda berkunjung ke Wonosobo, alun-alun ini sangat mudah diakses dan berada di area yang ramai dengan fasilitas seperti hotel, restoran, dan tempat perbelanjaan.

Untuk mencapai Alun Alun Wonosobo, terdapat beberapa opsi rute yang dapat diambil, tergantung dari lokasi asal Anda. Berikut ini adalah beberapa opsi rute yang umumnya digunakan:

  • Dari Stasiun Wonosobo: Jarak antara Stasiun Wonosobo dengan Alun Alun Wonosobo sekitar 1,5 kilometer. Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti taksi, ojek, atau becak motor untuk mencapai alun-alun dengan waktu tempuh sekitar 5-10 menit.
  • Dari Terminal Wonosobo: Jarak antara Terminal Wonosobo dengan Alun Alun Wonosobo sekitar 2 kilometer. Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti taksi, ojek, atau becak motor untuk mencapai alun-alun dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit.
  • Dari Bandara Ahmad Yani Semarang: Jarak antara Bandara Ahmad Yani Semarang dengan Alun Alun Wonosobo sekitar 94 kilometer. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi untuk mencapai alun-alun dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.
  • Dari Bandara Adisucipto Yogyakarta: Jarak antara Bandara Adisucipto Yogyakarta dengan Alun Alun Wonosobo sekitar 115 kilometer. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi untuk mencapai alun-alun dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Harga Tiket

Harga Tiket

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CruLml_PTvA/

Alun-alun Wonosobo merupakan tempat umum yang tidak memungut biaya masuk, sehingga gratis. Namun, jika Anda memarkir kendaraan di area parkir yang disediakan di sekitar alun-alun, maka biasanya akan dikenakan biaya parkir.

Harga parkirnya bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan durasi parkir. Sebagai referensi, biaya parkir di sekitar Alun-alun Wonosobo umumnya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk mobil.

Fasilitas Umum

Fasilitas

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CoTjvLXpF5C/

Alun-alun Wonosobo adalah tempat umum yang menawarkan berbagai fasilitas untuk kepentingan pengunjung. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di alun-alun ini antara lain:

  • Area parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas di sekitar alun-alun untuk kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.
  • Kios dan warung makanan: Terdapat berbagai kios dan warung makanan yang menjual makanan dan minuman ringan, serta beberapa warung yang menjual makanan khas daerah Wonosobo.
  • Toilet umum: Terdapat beberapa toilet umum yang tersedia untuk pengunjung.
  • Area bermain anak: Terdapat area bermain anak yang cocok untuk anak-anak.
  • Tempat duduk: Terdapat banyak bangku dan tempat duduk di sekitar alun-alun untuk bersantai atau menikmati pemandangan sekitar.
  • Fasilitas olahraga: Terdapat lapangan voli dan area olahraga lainnya yang bisa digunakan untuk aktivitas fisik.
  • Jasa persewaan becak: Terdapat jasa persewaan becak tradisional yang bisa digunakan untuk berkeliling sekitar alun-alun dan sekitarnya.
  • Fasilitas Wi-Fi: Terdapat akses Wi-Fi gratis untuk pengunjung di sekitar area alun-alun.

Keunikan

Keunikan

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CnYRVEzJC1V/

Alun-alun Wonosobo memiliki beberapa keunikan yang bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjung, di antaranya:

  • Di tengah-tengah alun-alun terdapat monumen Simpang Lima Gumuk yang menunjukkan titik pertemuan lima jalan besar di Wonosobo. Monumen ini menjadi landmark kota Wonosobo dan sering dijadikan latar belakang foto oleh para pengunjung.
  • Di sebelah barat alun-alun terdapat patung Ki Ageng Pandan Arang yang merupakan tokoh legendaris dari Wonosobo. Patung ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok legendaris tersebut.
  • Di sekitarnya¬† terdapat taman bunga yang selalu dipelihara dengan baik dan dihiasi dengan berbagai jenis tanaman bunga yang cantik.
  • Wonosobo terkenal dengan berbagai kuliner khasnya, seperti sate klathak, nasi liwet, tahu gimbal, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner khas Wonosobo di sekitar alun-alun.
  • Sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya dan seni tradisional, seperti wayang kulit, kuda lumping, dan tarian tradisional.

Meskipun lokasinya di pusat kota, suasananya terasa tenang dan nyaman, sehingga cocok untuk bersantai sambil menikmati suasana kota yang ramai.

Alun-alun ini pun juga menawarkan pemandangan indah dari Gunung Sumbing dan Sindoro yang bisa dinikmati dari berbagai sudut di sekitar alun-alun. Setelah menikmati liburan disini, selanjutnya bisa kunjungi wisata di Dieng yang banyak menawarkan keindahan.

Hiburan di Alun-alun Wonosobo

Hiburan

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CnRf7KCJDrK/

Alun-alun Wonosobo menawarkan berbagai jenis hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, di antaranya:

  • Berjalan-jalan: Merupakan tempat yang ideal untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati suasana kota yang ramai.
  • Menikmati pemandangan: Dari alun-alun, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Gunung Sumbing dan Sindoro yang menjulang tinggi di sebelah barat.
  • Berfoto: Monumen Simpang Lima Gumuk dan patung Ki Ageng Pandan Arang menjadi objek foto yang populer di alun-alun tersebut.
  • Acara budaya: Sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya dan seni tradisional, seperti wayang kulit, kuda lumping, dan tarian tradisional.
  • Menikmati kuliner: Di sekitar alun-alun terdapat berbagai warung makan dan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai kuliner khas Wonosobo, seperti sate klathak, nasi liwet, tahu gimbal, dan masih banyak lagi.
  • Bermain anak: Di sekitar alun-alun terdapat area bermain anak yang bisa dimanfaatkan untuk menghibur buah hati.
  • Konser musik: Di sini sering diadakan konser musik yang menampilkan artis-artis lokal maupun nasional. Acara ini bisa menjadi alternatif hiburan yang menarik bagi pengunjung.
  • Bersepeda: Di sekitar alun-alun terdapat sepeda sewa yang bisa digunakan untuk berkeliling kota dan menikmati pemandangan sekitar alun-alun.

Yuk, kunjungi alun-alun Wonosobo, sembari menyesap vibes sejuk kota di pegunungan yang menenangkan. Juga menikmati berbagai macam hiburan dan kuliner lezat di sana. Tunggu apalagi? Segera agendakan dan rasakan sensasi duduk atau jalan santai di kaki Sumbing dan Sindoro.

Last Updated: December 9, 2023|Categories: Wisata|Tags: |

Yuk Share Ke Temanmu

Hubungi Kami

  • Google Maps : Pabrik Carica Sumbing Segar (Jl. Kertek – Parakan Km. 8, Reco, Kertek, Wonosobo)
  • 0822-2744-3334

Title

Go to Top