Carica Wonosobo merupakan produk unggulan dari kota yang berada di Jawa Tengah ini. Keunikan dari buah papaya Dieng dengan rasa yang nikmat membuat banyak orang menyukai produk satu ini. Tidak hanya rasanya yang nagih, namun kandungan manfaat bagi kesehatan membuat masyarakat mencintai produk ini.

Carica khas Wonosobo ini merupakan produk yang terbuat dari buah dewa khas Dieng. Buah ini memiliki mitos hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Keunikan inilah yang membuat produk ini banyak di buru oleh pecinta oleh-oleh khususnya yang mengunjungi Wonosobo. Untuk lebih lengkap tentang buah ini bisa baca artikel : Carica Dieng.

Ciri-Ciri Produk Carica Wonosobo

carica wonosobo

Makanan khas ini biasa diolah menjadi manisan carica atau manisan dalam sirup. Ciri khas dari produk ini adalah memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Buahnya setelah diolah menjadi kenyal nikmat.

Wonosobo sendiri memiliki puluhan bahkan ratusan pabrik carica yang tersebar di berbagai daerah di dalam Kota. Mulai produsen rumahan yang dibuat khusus untuk dijual di depan rumah hingga pabrik yang fokus memproduksi buah papaya Dieng ini. Salah satu pabrik yang khusus memproduksi buah dewa ini adalah Carica Sumbing Segar.

Apakah Tumbuh di Wonosobo Saja?

Buah papaya Dieng memang dimitoskan hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng saja. Wilayah ini sendiri terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Produk carica sendiri sudah diakui menjadi produk unggulan khas Wonosobo. Walau ada produsen yang berada di luar kota. Bahkan pernah ada buah yang dikirim ke Malang Jawa Timur dan diproduksi di sana.

Bentuk dari buah ini adalah seperti pepaya namun dengan ukuran yang lebih kecil. Memiliki gelombang pada buahnya seperti belimbing namun lebih kecil lagi. Daun dari pohon carica sendiri menjari persis seperti buah pepaya.

Berwana hijau saat masih mentah, dan berubah menjadi kuning saat mulai matang. Saat belum diolah menjadi produk oleh oleh, buah ini memiliki rasa yang asam pada bijinya. Biasanya akan diolah pada bagian daging buahnya, sedangkan pada bagian bijinya akan diambil sarinya yang kemudian dijadikan campuran air untuk sirup carica.

Kenapa Carica Menjadi Produk Khas Wonosobo?

Banyaknya produsen yang berdiri di Wonosobo membuat varian merk carica yang ada sangatlah banyak. Dari semua produsen sendiri memiliki konsumen masing-masing dan laku semua. Dari semua toko oleh oleh yang ada di Wonosobo juga memamerkan berbagai varian dari produk ini.

Tak heran jika konsumen datang langsung menjadi perhatian adalah produk carica. Karena hampir di semua toko baik toko oleh-oleh, kelontong hingga supermarket yang ada di Kota dingin ini terdapat produk carica.

Pemerintah sendiri hingga membuatkan patung tugu carica dengan purwaceng bagian alasnya. Hal ini karena terkenalnya produk carica menjadi oleh oleh khas Kota Wonosobo.

Bagaimana Memilih Produk Carica Wonosobo Yang Baik?

Dari sekian banyak produk carica yang tersebar pasti konsumen bingun mau memilih merk apa. Sebelum anda membeli produk manisan carica ini ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Memiliki ijin BPOM yang jelas aman dan di pantau proses dan tempat produksinya oleh Badan POM
  • Ijin Halal dan perijinan yang lain karena halal penting khususnya bagi muslim
  • Proses produksi yang baik agar kandungan dari buah carica tidak hilang dan aman untuk dikonsumsi oleh keluarga
  • Memiliki rating yang tinggi terutama sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia

Salah satu merk carica Wonosobo ini adalah Carica Sumbing Segar yang sudah memiliki ijin BPOM, Halal, dan perijinan lainnya. Dibuat dari gula murni pilihan dan proses produksi khusus untuk mempertahankan kandungan yang ada dalam buah.