Kledung Park : Ciptakan Momen Seru Liburan

Daftar Isi

Kledung Park menawarkan agrowisata dan coffee house. Letaknya di Desa Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, tepatnya di Jl. Raya Parakan, Wonosobo, membuat Anda akan menemukannya dengan mudah.

Lokasi tempat wisata di Temanggung ini tepat di samping POM Bensin Kledung. Posisinya yang sangat strategis, di sisi jalan raya, akan memudahkan Anda untuk mengendarai kendaraan apapun. Mulai dari roda dua, roda empat, atau bahkan moda transportasi umum.

4 Aktivitas Seru Di Kledung Park Kledung, Pastikan Mencoba Semuanya!

Kledung Park Temanggung

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CLlPSUCgxNT/

Apabila Anda berangkat dari pusat kota Temanggung, maka mengendara ke arah barat, Jalan Brigjen Katamso. Selanjutnya belok kanan, kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan MT Haryono sepanjang 19 KM.

Lokasi wisata ini terletak di sebelah kanan jalan. Jangan khawatir tersesat, Anda akan sering menemukan petunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan.

Jika masih bingung juga, Anda bisa menggunakan layanan Google Maps dan mendapatkan panduan mengakses lokasi ini. Lama perjalanan tersebut sekitar 21 menit, masih terhitung pusat kota, bukan?

Kledung Park Kledung baru dibuka pada 2020 lalu, namun selalu ramai dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang menyukai wisata alam.

Fasilitas wisata yang dimiliki Kledung Park Kledung cukup lengkap, diantaranya adalah mushola, toilet, kamar mandi, juga area parkir kendaraan. Selain itu tersedia hotel atau penginapan, warung wisata, rumah makan, serta lapangan yang luas.

Dengan demikian, lokasi wisata ini dapat dijadikan referensi tempat nongkrong, istirahat, atau berlibur. Selain itu, nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan, atau mengadakan pertemuan skala besar seperti reunian juga family gathering.

Terlebih lagi, Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke lokasi wisata ini, cukup membayar tiket parkir kendaraan saja.

Kledung Park Kledung beroperasi mulai pukul 09.00 sampai dengan 21.00 WIB, setiap hari dari Senin hingga Minggu. Penasaran apa saja yang dapat Anda lakukan di sini? Yuk, simak…

Kledung Park Agrowisata

Park Temanggung

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CquanU2vaGe/

Agrowisata sendiri merupakan aktivitas wisata dengan menitikberatkan daya tarik penggunaan lahan pertanian dan fasilitas terkait. Wisata jenis ini memiliki ragam variasi. Contohnya, wisata petik buah, labirin jagung, memberi makan hewan ternak, atau restoran di atas laut. Sedangkan Kledung Park Agrowisata ini menitik beratkan pada:

Taman Bunga

Di bagian depan, terdapat taman bunga yang cantik dengan tempat duduk nyaman di beberapa spotnya. Apabila Anda menyukai bunga dan hobi bercocok tanam, bisa sekalian membeli bibit bunga di sini.

Taman Kelinci

Taman Kelinci terletak agak ke belakang, melewati cafe. Untuk dapat memasukinya, Anda perlu membeli tiket sebesar 15 ribu Rupiah, berlaku bagi satu anak dan satu pendamping.

Selain tiket masuk, Anda akan mendapatkan 1 keranjang wortel, lalu bermain bersama kelinci di taman sambil memberinya makan. Aktivitas yang mungkin terlihat membosankan bagi orang dewasa, namun sangat seru bagi anak-anak.

Apabila Anda berkunjung bersama anak-anak, pastikan mampir ke taman ini, karena merupakan spot favorit bagi mereka.

Aktivitas bagi pendamping jika kurang menyukai permainan mengejar kelinci dan memberinya makan, bisa  membuat dokumentasi foto atau video.

Hampir setiap sudut taman bisa dijadikan spot foto keren, terlebih lagi dengan latar Gunung Sindoro atau Sumbing.

Kledung Park Cafe

Kledung Park Cafe

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CLgVQV_gzU2/

Coffee house atau cafe buka mulai pukul 09.00 pagi dan tutup jam 21.00 WIB. Peak time atau waktu yang paling ramai adalah menjelang sunset.

Banyak pengunjung merupakan wisatawan pemburu momen ini, baik dari Gunung Sindoro ataupun Gunung Sumbing, tergantung posisi Anda pada saat itu. Apabila Anda berada di depan cafe, maka momen sunset pada Gunung Sumbing lah yang akan terlihat.

Di lain sisi, jika Anda tengah berada di belakang kafe, Anda akan menyaksikan sunset di Gunung Sindoro yang berdiri gagah. Cafe terdiri dari ruang indoor dan outdoor, dimana ruang indoor memiliki dua lantai.

Cafe ini merupakan daya tarik utama di Kledung Park Kledung, yang menawarkan nuansa alami Gunung Sumbing dan Sindoro sebagai latarnya.

Hal ini menjadikan udara cenderung dingin, ditambah suasananya yang tenang pasti akan membuat Anda nyaman  meski baru saja tiba. Apabila Anda bersama anak-anak, tak perlu ragu untuk datang karena cafe ini ramah anak.

Meski memiliki konsep ruang kopi, namun tersedia menu untuk anak-anak, mulai dari makanan ringan hingga makan berat. Contohnya, olahan nasi goreng, nasi bakar, atau rice bowl. Harga per menunya berkisar Rp.15.000 sampai Rp.40.000.

Nasi bakar dan beef rice bowl merupakan menu favorit yang direkomendasikan. Bagi Anda penikmat kopi, bisa mencicipi kopi arabika khas Sindoro, kopi tubruk, V 60, Vietnam drip, Aeropress, atau French press.

Berbagai pilihan kopi ini dibanderol dengan harga tak lebih dari 20 ribu!

Camping Area

Camping Area

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CIuJfP0g-xk/

Di belakang Taman Kelinci, terdapat area camping yang cukup luas, dan berlatar cantik Gunung Sindoro. Di samping area tersedia toilet dan musholla, sehingga memudahkan wisatawan yang berkemah. Terdapat beberapa paket yang dapat Anda pilih, yaitu:

Paket Glamping

Dalam paket ini, Anda hanya perlu membawa keperluan pribadi saja. Seluruh kebutuhan berkemah telah disediakan, dengan kisaran biaya mulai dari Rp.250.000,- untuk 1 tenda berisi 4 orang. Biaya tersebut sudah termasuk sarapan.

Oleh karena hanya tersedia 7 buah glamping di Kledung Park Kledung, maka jika berminat, Anda perlu reservasi sehari sebelumnya.

Area Camping

Namun apabila Anda lebih menyukai sensasi murni dari berkemah, dengan segala kerepotan membawa perlengkapan, bisa memilih paket ini. Biaya paket per orangnya sekitar Rp.15.000,- saja, karena Anda hanya menyewa lahan camping.

Sedangkan peralatan berkemah seperti tenda, sleeping bag, juga perlengkapan lainnya dibawa sendiri. Termasuk juga aktivitas memasang tenda dan membongkarnya.

Area Camvervan

Campervan adalah van yang sudah dimodifikasi hingga dapat digunakan untuk transportasi juga akomodasi. Ruangan dalam van telah disesuaikan untuk berbagai kegiatan terbatas penggunanya seperti masak, makan, hingga tidur.

Di Kledung Park, sudah tersedia area untuk campervan,  hingga pilihan Anda untuk menginap dengan sensasi di luar ruangan semakin lengkap.

Kelebihan berkemah di Kledung Park Kledung yaitu tidak perlu trekking jauh, fasilitas lengkap dan dekat, juga pemandangan alami yang mempesona. Tak luput fenomena sunrise di balik Gunung Ungaran saat cuaca cerah, dapat Anda saksikan.

Wisata Edukasi Produsen Carica Sumbing Segar

harga carica dieng Wonosobo

Bagi Anda yang mengunjungi Kledung Park, rasanya kurang lengkap kalau belum bawa oleh-oleh khas Wonosobo. Salah satunya adalah manisan carica.

Tidak perlu cemas, karena tidak jauh dari kledung park ada salah satu produsen unggulan carica yaitu merk Sumbing Segar. Selain bisa membeli carica, Anda juga bisa melihat proses produksinya secara langsung.

Disana bisa melihat secara langsung, alur proses produksinya. Mulai dari bahan mentah sampai bahan jadi. Misalkan mau mencoba langsung proses produksi, nantinya akan langsung dipandu.

Aksesnya mudah, untuk lebih jelasnya bisa buka Google Maps dengan mengetik “Carica Sumbing Segar Factory”. Untuk soal perijinan tidak perlu khawatir, kerena sumbing segar, telah memiliki perijinan yang lengkap, mulai dari Halal, BPOM MD dan lain sebagainya. Jadi jangan ragu-ragu untuk memilih carica sumbing segar sebagai buah tangan.

Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel pabrik carica di Wonosobo.

Wahana Bermain

Wahana Mainan Anak

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CMGZr5ogpdj/

Selain menikmati alam dan wisata kuliner, tersedia beberapa wahana bermain yang bisa Anda coba.

Contohnya, serunya bermain ATV bersama teman-teman, atau memacu adrenalin dengan flying fox. Untuk dapat menikmati keseruan tersebut, Anda perlu membeli tiket terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba wisata Sindoro Sumbing atau Puncak Botorono.

Tunggu apa lagi? Yuk, ciptakan momen liburan seru dengan pengalaman yang tak terlupakan di Kledung Park Kledung. Anda bisa mengajak teman, keluarga, atau orang terkasih untuk berlibur di sini.

Last Updated: December 10, 2023|Categories: Wisata|Tags: |

Yuk Share Ke Temanmu

Hubungi Kami

  • Google Maps : Pabrik Carica Sumbing Segar (Jl. Kertek – Parakan Km. 8, Reco, Kertek, Wonosobo)
  • 0822-2744-3334

Title

Go to Top